Rekor Baru Kasus Harian Covid-19 di Sumbar, Naik Sangat Tinggi 74 Orang

Penulis: MF Zikri

Padang, Padangkita.com – Kasus Covid-19 di Sumatra Barat (Sumbar) naik sangat tajam, 74 orang, Minggu (23/8/2020) pagi. Jumlah ini menjadi rekor terbanyak lagi, kasus harian di Sumbar sejak dicatat April lalu. Dengan tambahan 74 orang ini, total warga Sumbar yang positif Covid-19 menjadi 1.638 orang.

Kabar baiknya, pasien Covid-19 yang sembuh bertambah 37 orang, sehingga totalnya menjadi 1.043 orang. Tak ada laporan pasien Covid-19 pagi ini, jumlahnya tetap 48 orang.

Jasman Rizal, Kepala Dinas Kominfo Sumbar sekalu Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar menyebutkan, tambahan 74 kasus ini berasal dari Sembilan daerah, paling banyak dari Kota Padang, 25 orang.

Berikutnya dari Kabupaten Tanah Datar 13 orang, Kabupaten Padang Pariaman 11 orang, Kota Payakumbuh 9 orang, Kota Sawahlunto 8 orang, Kota Padang Panjang 3 orang, Kota Solok 2 orang, Kabupaten Limapuluh Kota 2 orang, dan Kabupaten Solok 1 orang.

Tambahan 74 kasus pagi ini berdasarkan pemeriksaan 1.652 sampel swab oleh tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang dan Laboratorium Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Baso, Agam.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Sumbar Bertambah 38 Orang, Paling Banyak Berasal dari Padang Berstatus PNS

“Sebagai informasi, bahwa berdasarkan data tracing dan tracking, hampir semua yang terkonfirmasi positif mempunyai riwayat datang dari luar Sumbar,” ungkap Jasman.

Untuk itu, dia berharap, kesadaran masyarakat untuk secara sadar mematuhi semua protokol kesehatan.

“Mari kita perangi bersama-sama pandemi Covid-19 ini sesuai dengan potensi dan kekuatan kita masing-masing, dengan tetap berpikir positif demi masyarakat kita semua.” [*/pkt]


Baca berita Sumatra Barat terbaru hanya di Padangkita.com