Ratusan Perantau Minang yang Tergabung dalam ‘IWarga’ Silaturahmi di Jakarta

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Sekitar 700 orang perantau Minangkabau yang menetap di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten yang tergabung dalam wadah ‘IWarga’, berkumpul dalam ‘Silaturahmi Akbar dan Baralek Gadang’ IWarga tahun 2022/1444 H, di Hotel Balairung, Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, Bupati Agam Andri Warman, Ketua Umum IWarga Asbol Adams Dt. Sidubalang beserta pengurus, sejumlah datuak, serta Anggota DPRD Kabupaten Agam Asrafaber.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi mendukung silaturahmi akbar untuk memperkuat kekompakan sesama perantau itu.

Kepada pengurus IWarga, Mahyeldi berharap dapat mempersiapkan beberapa agenda ke depan yang memperkuat ikatan seluruh putra putri Minangkabau di manapun berada, untuk menjaga dan merawat kearifan lokal. Terutama, kata dia, sesuai dengan pepatah ‘di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung’.

“Kepada seluruh perantau, kami berharap agar dapat saling menjaga komunikasi dan sinergi, untuk persatuan yang lebih kuat ke depannya,” ujar Mahyeldi.

Ia juga mengimbau agar organisasi terkait dan para perantau dapat memperkuat hubungan dengan perantau di luar negeri. Mengingat tidak sedikit tokoh-tokoh berpengaruh Minangkabau yang sukses di luar negeri. Banyak di antaranya, kata Mahyeldi, juga menjadi duta besar seperti di Vietnam, Afrika, dan Yunani.

Baca juga: Dibiayai Perantau Minang, Pembangunan Masjid Al-Minangkabawi di Tangerang Resmi Dimulai

Acara berlangsung dalam suasana kekeluargaan yang membuat perantau seolah-olah merasa berada di kampung halaman. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist