Pusat Dukung Pasaman Barat Atasi Stunting, Wabup Risnawanto Ikut Rembuk Aksi

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemkab Pasaman Barat ikut rembuk aksi percepatan penurunan stunting.

Simpang Empat, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) ikut rembuk aksi percepatan penurunan stunting dengan sejumlah lembaga secara virtual, Senin (5/4/2021) di aula Bappeda Pasbar.

Rembuk stunting tersebut diikuti Kementerian Dalam Negeri (Kemendgari), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatra Barat (Sumbar). Dari Pemkab Pasbar, Wakil Bupati Pasbar Risnawanto, Sekda Pasbar Yudesri, anggota DPRD Pasbar, serta beberapa kepala OPD dan pemerintah nagari.

Dalam sambutannya, Risnawanto mengatakan rembuk stunting bertujuan menyepakati lokasi dan program prioritas penanganan stunting yang akan dilakukan pada tahun 2022 mendatang. Serta memastikan komitmen semua pihak untuk memberikan dukungan.

“Ini kita lakukan untuk menentukan lokasi dan program prioritas penanganan stunting nantinya. Sekaligus memastikan komitmen kita semua untuk memberikan dukungan, baik dukungan anggaran, program, atau inovasi sesuai kapasitas masing-masing dalam mempercepat proses penurunan stunting di Kabupaten Pasaman Barat,” ujarnya.

Ia menyadari OPD maupun nagari memiliki kemampuan anggaran yang sangat terbatas untuk melaksanakan program pencegahan stunting.

“Oleh sebab itu, diharapkan agar semua stakeholder meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi dalam pelaksanaan intervensi penanganan dan pencegahan stunting di Kabupaten Pasaman Barat, agar anggaran maupun sumber daya yang ada tetap dioptimalkan untuk melakukan intervensi sesuai kemampuan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Risnawanto mengatakan OPD maupun Pemerintah Nagari harus memprioritaskan intervensi pada lokus dengan prevalensi stunting Tahun 2022 yang telah ditetapkan.

Baca juga: Kolabor-Aksi Kemanusiaan Pasaman Barat dan DDS Gelar Aksi Layanan Sehat Masyarakat

“Atas nama masyarakat Kabupaten Pasaman Barat saya mengucapkan terima kasih kepada bapak, ibu dari kementerian, lembaga di tingkat pusat. Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, perguruan tinggi, maupun swasta yang telah memberikan dukungan bagi Pemerintah Kabupaten Pasbar selama ini. Baik dalam bentuk dukungan penganggaran, bimbingan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pencegahan,” katanya. [pkt]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist