Pulau Semangki di Pessel Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Eksklusif, Mirip Maldives

Penulis: Redaksi

Painan, Padangkita.com –  Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar menyampaikan akan terus mengembangkan dan menggali potensi pariwisata daerah. Terbaru, Pemkab Pessel akan menata dan mengembangkan Pulau Semangki.

“Pada tahun 2023 mendatang, kami akan mengembangkan potensi pariwisata, yaitu Pulau semangki,” kata Rusma di depan para perantau Pessel di Indra Giru Hulu, Provinsi Riau, awal pekan lalu.

Rusma Yul Anwar menjelaskan, Pulau Semangki akan dijadikan dsetinasi wisata eksklusif dan strategis. Pulai Semangki berjarak sekitar 2,4 mil atau sekitar 3 kilometer dari bibir pantai. Atau dapat ditempuh hanya sekitar 10 -15 menit dengan perahu motor dari pinggir pantai Painan.

“Nanti, tidak semua orang yang bisa masuk ke kawasan Pulau Semangki ini untuk menikmati keindahan alamnya. Jumlah pengunjung terbatas,” kata Rusma Yul Anwar.

Objek wisata pulau di Maldives (Maladewa). [Foto: Dok. Ist.]

Diketahui, Pulau Semangki sendiri terdiri dari 2 pulau, yakni Semangki Besar dan Semangki Kecil. Dua pulau ini berada perairan Kecamatan IV Jurai. Posisinya, berada di belakang Pulau Cingkuak, Carocok Painan.

Adapun luas dua pulau tersebut, masing masing 1,6 hektare dan 0,6 hektare. Rencananya, pengembangan objek wisata baru ini akan dikemas untuk menarik wisatawan mancanegara dan lokal.

Menurut Rusma, Pemkab Pessel akan melakukan pengembangan destinasi wisata pulau tersebut secara bertahap. Investasi awal sebesar Rp5,3 miliar, kemudian dilanjutkan Rp5,7 miliar pada tahun 2023.

Baca juga: Atraksi ‘Basianyuik’ yang Menguji Nyali, Pesona Wisata Nagari Salido Saribulan Pessel

Di antara yang akan dibangun di Pulau Semangki adalah cottage dengan bangunan semi permanen yang akan terpisah dari pulau, sepanjang 200 meter dan dihubungkan dengan jembatan apung. Ini mirip dengan destinasi wisata yang ada di Maldives atau Maladewa.

Adapun sumber dana untuk membangun Pulau Semangki berasal dari dana alokasi khusus (DAK). [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist