Nasional

Puan Minta Bantuan untuk Korban Kebakaran di Penjaringan Cepat Disalurkan

×

Puan Minta Bantuan untuk Korban Kebakaran di Penjaringan Cepat Disalurkan

Sebarkan artikel ini
Ketua DPR RI Puan Maharani. [Foto: Kresno/nr/Humas DPR RI]

Jakarta, Padangkita.comKetua DPR RI Puan Maharani meminta agar proses bantuan terhadap korban kebakaran di Penjaringan, Jakarta Utara, dapat diterima dengan cepat dan merata oleh seluruh warga terdampak. Ia mengingatkan kebutuhan pokok menjadi prioritas bantuan.

“Siapkan dapur umum di posko pengungsian. Kebutuhan makanan, susu, obat-obagan dan popok bagi anak-anak juga harus tersedia. Jangan sampai lamban memberikan bantuan bagi korban,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya Senin (31/7/2023).

Diketahui, telah terjadi kebakaran hebat terjadi di Jalan Vikamas Selatan, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (30/7/2023) kemarin. Sebanyak 400 rumah terdampak kebakaran yang sebagian di antaranya luluh lantak.

Dari catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, setidaknya 1.109 warga terpaksa mengungsi di tenda pengungsian yang berada di Jalan Kapuk Utara 2 untuk sementara waktu buntut rumahnya terdampak kebakaran.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk sigap menangani situasi tanggap bencana. Ia menekankan, bantuan kepada korban kebakaran harus menjadi prioritas.

“Bantuan sandang dan pangan harus menjadi prioritas. Pastikan bantuan diterima warga yang terdampak, termasuk masker dan kebutuhan sanitasi lain mengingat lokasi pengungsian ada di tempat berpasir yang bisa menyebabkan pernafasan warga terganggu,” ujar Mantan Menko PMK ini.

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu juga meminta agar Pemda menyiagakan tim psikologis dan konselor di sekitar tenda pengungsian. Sebab, kata Puan, korban kebakaran sering kali traumatis akibat kejadian kebakaran yang menyebabkan mereka kehilangan harta bendanya.

“Walaupun proses pemulihan akan membutuhkan waktu yang lama dan tantangan yang berat, dukungan dan kepedulian menjadi kekuatan yang mampu mengatasi kesulitan ini dan membantu korban kebakaran membangun kembali hidup mereka,” ungkapnya.

Selain itu, Puan juga mendorong adanya bantuan bagi korban kebakaran yang bangunan rumahnya ludes di lahap si jago merah. Ia mengatakan, tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat.

“Pemerintah daerah perlu memberikan dukungan bagi korban terkait kepastian untuk membangun kembali rumah-rumah, fasilitas pendidikan, dan infrastruktur penting lainnya yang hangus terbakar,” jelasnya.

Di sisi lain, legislator dapil Jawa Tengah V itu menyebut solidaritas masyarakat setempat dan bantuan dari pemerintah diperlukan untuk menjadi tiang kokoh dalam memenuhi kebutuhan para korban kebakaran. Puan mengajak seluruh stakeholder bekerja sama membantu warga yang terdampak kebakaran hingga pulih seperti sedia kala.

Naca juga: Puan Dorong Kesetaraan Gender di Sidang Umum ke-44 AIPA di Jakarta

“Harapan akan masa depan yang lebih baik terus menyala dalam hati para korban, jika semua pihak memberi dukungan fisik dan moral yang berkelanjutan untuk mereka. Saya juga meminta Anggota DPR RI dari dapil Jakarta Utara dan Komisi terkait untuk ikut memantau keberlanjutan dari pemebuhan kebutuhan warga yang terdampak kebakaran,” kata Puan. [*/pkt]