Program Mesin Bajak Gratis, Pejabat Tanah Datar Belajar ke Gorontalo

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Pemkab Tanah Datar melalui Dinas Pertanian telah menganggarkan dana Rp5,4 miliar untuk program mesin bajak gratis di tahun anggaran 2022.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tanah Datar Yulfiardi menyebutkan besaran dana itu dianggarkan untuk pengolahan lahan sebanyak 4.200 hektare tersebar di 14 kecamatan.

“Anggaran Rp5,4 miliar untuk setahun ini mencakup pembelian mesin bajak 70 unit, insentif operator, bahan bakar, oli untuk mesin, dan beberapa item lainnya, sehingga masyarakat memanfaatkan secara gratis,” ungkapnya saat dihubungi Padangkita.com, Selasa (9/11/2021).

Yulfiardi menambahkan, ia bersama Wakil Bupati Richi Aprian dan beberapa OPD terkait melakukan studi komparatif ke Provinsi Gorontalo dan juga Kabupaten Gorontalo untuk belajar program yang sama.

“Gorontalo terlebih dahulu telah laksanakan program bajak gratis dan berjalan cukup baik, untuk percepatan pelaksanaan program ini di Tanah Datar kita belajar ke sana,” ujarnya.

Sementara itu, Wabup Richi Aprian saat mengunjungi Brigade Alsintan ke Kabupaten Gorontalo yang telah melaksanakan program bajak gratis, meminta izin untuk mengadopsi program itu untuk dilaksanakan di Tanah Datar.

“Program bajak gratis menjadi salah satu program unggulan kami bersama Pak Bupati, Insya Allah dilaksanakan tahun depan, izinkan kami belajar dan adopsi program ini untuk dilaksanakan di Tanah Datar,” tukasnya.

Baca juga: Maaf! Pengadaan Mesin Bajak Gratis di Tanah Datar Belum Bisa Tahun Ini

Richi menambahkan, program bajak gratis menjadi salah satu program unggulan karena dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan petani, karena mengurangi biaya produksi. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist