Program DEEP Mandala Finance dan PJI Bantu 51 Pengusaha Muda Padang Raup Rp 4,26 Miliar dalam 6 Bulan

Program DEEP Mandala Finance dan PJI Bantu 51 Pengusaha Muda Padang Raup Rp 4,26 Miliar dalam 6 Bulan

Business General Manager Sumatra Mandala Finance, Trisno Situmeang menyerahkan sertifikat kepada salah peserta program DEEP

Padang, Padangkita.com - Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan skala bisnis UMKM secara berkelanjutan, Mandala Finance dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) meluncurkan program DEEP, sebuah program pelatihan dan pendampingan bisnis yang ditujukan untuk pengusaha muda di Padang.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, akses pasar, dan pengelolaan keuangan para peserta dengan memanfaatkan teknologi digital.

Sejak Februari 2023 lalu, program DEEP telah sukses memfasilitasi 51 pengusaha muda berusia 18-35 tahun di Kota Padang.

Para peserta mendapatkan pelatihan rutin dan pendampingan intensif yang dapat mempertajam strategi bisnis di seluruh aspek operasional.

Selain itu, mereka juga berinteraksi langsung dengan sejumlah pakar bisnis, finansial, dan digital yang berperan sebagai mentor.

Hasilnya, para peserta mampu mencetak omzet hingga Rp4,26 miliar, melayani lebih dari 44.000 transaksi penjualan hingga ke sejumlah wilayah di luar Kota Padang, dan menciptakan kesempatan kerja bagi 64 orang selama enam bulan masa pendampingan.

Business General Manager Sumatra Mandala Finance, Trisno Situmeang mengungkapkan rasa bangganya dengan pencapaian bisnis para peserta program DEEP.

Menurutnya, angka yang fantastis tersebut merefleksikan besarnya potensi sektor UMKM dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Secara spesifik, pengelolaan bisnis yang lebih terstruktur dan pemanfaatan digital yang dilakukan terbukti efektif meningkatkan kapasitas dan kinerja bisnis mereka. Kami berharap seluruh pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh melalui program ini dapat menjadi aset berharga bagi mereka untuk terus tumbuh menjadi tokoh muda pemimpin bisnis yang menggerakkan ekosistem kewirausahaan digital di Sumatra Barat," ujarnya Sabtu (24/2/2024).

Sektor UMKM yang mampu menopang 61,97% produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 97% total tenaga kerja Indonesia memainkan peran sentral dalam roda perekonomian negara.

Lebih dari itu, pelaku usaha yang telah memasuki ranah daring atau pasar digital menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air.

Untuk mengoptimalkan kontribusi UMKM tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital yang baru diluncurkan Desember lalu akan fokus melakukan intervensi pada sektor UMKM untuk mendorong pengadopsian produk dan layanan digital yang dapat membantu peningkatan akses pasar dan produktivitas usaha.

"Oleh karena itu, kehadiran program DEEP ini diharapkan dapat turut berkontribusi terhadap upaya pemerintah tersebut," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Prestasi Junior Indonesia, Pribadi Setiyanto menambahkan, berdasarkan pengalaman pihaknya mengelola inisiatif pemberdayaan UMKM di berbagai daerah selama lima tahun terakhir, manajemen operasional dan finansial bisnis yang konvensional serta minimnya penguasaan teknologi digital menjadi faktor penghambat utama bagi para pelaku usaha mikro untuk dapat membuat bisnis mereka naik kelas.

Oleh karena itu, program DEEP dirancang untuk mengokohkan empat komponen fundamental pada para peserta, yaitu pengetahuan manajemen bisnis, keterampilan pengelolaan keuangan personal dan bisnis, pemanfaatan teknologi untuk perluasan akses pasar, serta kepercayaan diri untuk berinovasi.

"Terima kasih Mandala Finance yang telah mempercayakan kami untuk menjalankan inisiatif yang sangat berdampak ini," ungkapnya.

Digital Entrepreneur Empowerment Program (DEEP) merupakan bagian dari inisiatif "Tumbuh Bersama Masyarakat Indonesia", program pemberdayaan masyarakat PT Mandala Multifinance Tbk yang baru diluncurkan tahun 2023 lalu dan menyasar masyarakat di Kota Padang.

"Program ini merupakan hasil kerjasama antara Mandala Finance, sebuah perusahaan pembiayaan multiguna yang berkomitmen untuk memberikan solusi finansial yang mudah, cepat, dan aman bagi masyarakat Indonesia, dan Prestasi Junior Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan keterampilan keuangan, kewirausahaan, dan kesiapan kerja bagi anak muda Indonesia," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, program DEEP memiliki visi untuk menciptakan pengusaha muda digital yang mandiri, kompetitif, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.

Melalui program ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka.

Program DEEP merupakan salah satu contoh nyata dari upaya Mandala Finance dan PJI untuk memberdayakan pengusaha muda di Padang dengan memanfaatkan teknologi digital.

Dengan program ini, para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis mereka, tetapi juga jaringan dan dukungan yang dapat membantu mereka menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

Baca Juga: Dorong Penguatan Digital, Mandala Finance Berikan Hibah 25 Komputer pada Pemko Padang

"Kami berharap program ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pengusaha muda lainnya di Indonesia untuk terus berinovasi dan berkembang bersama masyarakat," pungkasnya. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Baca Juga

Generasi Muda Melek Finansial: Jangkau 1,6 Juta Orang dalam Program FILTER Mandala Finance dan PJI
Generasi Muda Melek Finansial: Jangkau 1,6 Juta Orang dalam Program FILTER Mandala Finance dan PJI
Dorong Penguatan Digital, Mandala Finance Berikan Hibah 25 Komputer pada Pemko Padang
Dorong Penguatan Digital, Mandala Finance Berikan Hibah 25 Komputer pada Pemko Padang
Bank Nagari kembali Serahkan Bantuan di Tanah Datar, Bupati Eka Putra: Momentumnya Tepat  
Bank Nagari kembali Serahkan Bantuan di Tanah Datar, Bupati Eka Putra: Momentumnya Tepat  
TRC Bank Nagari Tanggap Bencana Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Lahar Dingin Marapi
TRC Bank Nagari Tanggap Bencana Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Lahar Dingin Marapi
Daftar Nama Bakal Calon Komisaris Bank Nagari yang Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi
Daftar Nama Bakal Calon Komisaris Bank Nagari yang Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi
Bank Nagari Simpang Empat Bergerak Cepat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Sinuruik
Bank Nagari Simpang Empat Bergerak Cepat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Sinuruik