Presiden RI Joko Widodo akan Resmikan Pasar Rakyat Pariaman

Penulis: Redaksi

Berita Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini: Selain untuk sarana jual beli, Pasar Rakyat Pariaman juga diperuntukkan sebagai selter.

Pariaman, Padangkita.com– Kementerian Perdagangan (Kemendag) meninjau kesiapan Pasar Rakyat Pariaman yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo akhir Maret 2021 ini.

Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Kemendag RI, Frida mengatakan, Pasar Rakyat Pariaman juga digunakan untuk selter.

Untuk itu, dia berharap pengelolaan dan perawatan dilakukan dengan baik sehingga dapat bernilai guna bagi pedagang dan bisa tahan lama.

“Dengan pasar ini terawat maka transaksi jual beli dapat berjalan dengan lancar dan perekonomian pedagang meningkat,” kata Frida, Selasa (16/3/2021)

Ia menyebutkan indikator pasar tersebut terawat tidak saja bidang struktur bangunan dan kebersihannya, namun juga instalasi listrik dan air serta hal lainnya dapat berfungsi dengan baik.

Dia juga mengatakan, dalam waktu dekat Pasar tersebut akan diisi oleh pedagang yang sebelumnya berjualan di Pasar Rakyat.

“Memang sudah ada suratnya (peresmian pasar oleh presiden) tapi bukan ranah kami untuk menjawab kepastiannnya,” katanya.

Pasar Rakyat Pariaman terdiri dari empat lantai yang dilengkapi eskalator dan lift agar memudahkan pengunjung ketika berbelanja.

Selain itu, pasar tersebut juga menggunakan konsep ramah lingkungan sehingga hemat listrik.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan peresmian pasar tersebut pada akhir Maret sesuai dengan surat dari Sekretaris Negara.

“Untuk kepastian kami masih menunggu, mudah-mudahan presiden atau yang mewakili datang ke Pariaman memberikan motivasi dalam rangka peresmian pasar ini,” ujarnya.

Untuk pengelolaannya, Pemko akan membentuk unit pelaksana teknis diantaranya, unit listrik, kebersihan, dan keamanan.

“Dengan begitu pasar ini dapat terawat dengan baik, tidak rusak sehingga masyarakat dapat menikmatinya,” ujar dia.

Baca juga:145 Pegawai dan Tenaga Penunjang di Kejati Sumbar Disuntik Vaksin Sinovac

Ia berharap, dengan adanya Pasar Rakyat Pariaman dapat memperkuat Pariaman sebagai kota jasa dan perdagangan. [*/rna]


Baca berita Kota Pariaman  hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler