Pramuka SMPN 1 Sungai Beremas Terjun ke Lapangan untuk Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Simpang Empat, Padangkita.com – Anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terjun langsung ke lapangan untuk menyukseskan progaram Vaksiansi Covid-19, Sabtu (6/11/2021).

Para anggota pramuka tersebut ikut mendampingi para lansia yang ingin divaksin, menata kendaraan bermotor, serta memberikan imbauan untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Kami merasa bangga melihat antusias siswa-siswi yang ikut terjun langsung dalam kegiatan vaksinasi massal ini. Tentu, kita dari pihak sekolah mendukung dan tetap kita awasi pelaksanaannya di lapangan,” ujar Pembina Gudep SMPN 1 Sungai Beremas, Mardika Saputra kepada Padangkita.com, Sabtu (6/11/2021).

Selama ini, kata Mardika, pihaknya selalu ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program pemerintah untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Bumi Tuah Basamo.

“Salah satu wujud nyata dari kami, keluarga besar SMPN 1 Sungai Beremas, yaitu telah capaian vaksinasi di sekolah sudah mencapai 95 persen,” ungkapnya.

Menurut Mardika, pihaknya juga selalu menekankan kepada para siswa, khususnya anggota pramuka untuk selalu mengedepankan jiwa sosial dan tanpa pamrih. Agar setiap anggota pramuka itu, siap terjun dalam berbagai kegiatan, baik itu di sekolah maupun di tengah masyarakat.

“Kita di Pramuka diajarkan dan ditempa untuk selalu berjiwa patriot. Sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0317 Pasaman Barat, Risnawanto melalui Sekretaris Kwartir Cabang, Srianto mengatakan, bahwa jajaran pengurus cabang gerakan Pramuka Pasaman Barat saat ini juga tengah mempersiapkan kegiatan besar, yaitu vaksinasi massal sekaligus donor darah dan bersih-bersih pantai.

“Rencananya kegiatannya akan dikemas bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan lokasi sasaran di Muara Pantai Sasak. Untuk OPD yang akan kita rangkul diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Dinas Sosial, BPBD, dan PMI,” ucapnya.

Ia mengakui, hal itu merupakan program dari Kwarcab yang bertujuan untuk mensukseskan program pemerintah daerah. Karena menurutnya, apa yang menjadi tujuan pemerintah itu juga masuk dalam tujuan kegiatan kepramukaan.

“Kita di pramuka harus mampu hadir ditengah-tengah masyarakat dalam setiap kesempatan. Baik itu kegiatan yang bersifat sosial, pembinaan ataupun bencana,” jelasnya.

Kedepan, kata Srianto, bahwa Kwarcab Gerakan Pramuka Pasbar akan memiliki tim siaga bencana atau pramuka peduli yang tentu akan dibekali dengan pengetahuan seputar kebencanaan dan tanggap darurat.

Baca juga: Pemkab Pasbar Gandeng Pramuka, ACT dan PMI Percepat Program Vaksinasi Covid-19

“Saat ini di Kwarcab ada bidang Siaga Bencana dan Pengabdian Masyarakat. Tugasnya nantinya bersama-sama dengan instansi terkait akan turun langsung dalam setiap kegiatan kebencanaan serta memberikan pengetahuan kepada anggota Pramuka lainnya di setiap kecamatan, khususnya para anggota pramuka penegak/pandega,” katanya. [zfk]

Terpopuler

Add New Playlist