PPDB SMP di Padang akan Dibuka 21 Juni, Ini Kuota 4 Jalur Penerimaan

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Kabupaten Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Disdik berencana buka PPDB SMP pada 21 Juni mendatang.

Padang, Padangkita.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang berencana akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 21 Juni 2021 mendatang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang, Syafrizal Syair mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu aturan baku terkait PPDB ini melalui Peraturan Walikota (Perwako).

“Jika tidak ada perubahan jadwal melalui Perwako nanti, maka pendaftaran akan kami buka pada 21 Juni 2021 mendatang,” kata Syafrizal kepada Padangkita.com di ruang kerjanya, Kamis (10/6/2021).

Dia mengatakan, pendaftaran PPDB SMP 2021 akan dibuka secara online. Para calon peserta dapat mendaftar melalui situs resmi PPDB Kota Padang yang saat ini tengah dipersiapkan.

Pada PPDB online kali ini, kata Syafrizal, pihaknya membuka empat jalur pendaftaran, yaitu jalur zonasi, perpindahan orang tua, prestasi dan jalur afirmasi. Setiap jalur memiliki kuota yang berbeda-beda.

“Zonasi maksimum 55 persen, afirmasi 17 persen, prestasi 23 persen, dan perpindahan orang tua maksimum 5 persen,” ucapnya.

Soal jadwal, Syafrizal menjelaskan, pada 21 Juni 2021 itu pihaknya akan membuka pra-pendaftaran PPDB hingga 26 Juni 2021. Pada 25 hingga 29 Juni 2021 adalah jadwal koreksi data koordinat calon peserta didik.

“Pra-pendaftran ini untuk anak-anak yang tidak bersekolah (SD) di Padang, namun ingin melanjutkan SMP di Padang atau anak yang sebelumnya tidak bersekolah di Padang atau buakn tamatan tahun sekarang,” jelas Syafrizal.

“Hal ini bertujuan supaya nilai raport dan datanya masuk ke database online kita. Di database kita kan hanya anak yang tamat di Padang baik itu SD negeri dan swasta atau sekolah agama,” ulasnya.

Kemudian, tahap satu pendaftaran akan dibuka pada 26 hingga 28 Juni 2021 dan pengumuman pada 30 Juni 2021. Serta, pendaftaran ulang pada 1 hingga 2 Juli 2021.

Baca Juga: Agar Tak Gagal Mendaftar, Panitia PPDB Online Sumbar Minta Calon Belajar dan Lihat Video Tutorial

Sedangkan untuk tahap dua akan dibuka pada 3 hingga 5 juli 2021 dan pengumumannya pada 6 Juli 2021 serta pendaftaran pada 7 hingga 8 Juli 2021.

“Untuk kuota kami belum bisa memastikan, karena sedang merekap kuota disetiap sekolah dasar di Kota Padang,” ungkapnya. [mfz/pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler