Agar Tak Gagal Mendaftar, Panitia PPDB Online Sumbar Minta Calon Belajar dan Lihat Video Tutorial

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Panitia Pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sumatra Barat (Sumbar) mengajak calon peserta untuk belajar mendaftar melalui situs resmi PPDB Sumbar.

Ketua Panitia PPDB Online SMA SMK Sumbar, Suindra mengatakan, hal ini bertujuan agar para calon peserta didik dapat memahami alur pendaftaran PPDB 2021 untuk menghindari kegagalan dalam mendaftar.

“Kami minta semangatnya orang tua dan siswa atau siswi itu sendiri untuk belajar dan memahami bagaimana cara mendaftarnya. Ini bertujuan untuk kita juga (calon peserta didik),” kata Suindra kepada Padangkita.com, Kamis (10/6/2021).

Suindra menjelaskan, para calon peserta didik atau orang tua calon peserta didik dapat belajar bagaimana cara mendaftar PPDB dengan baik melalui situs ppdb.sumbarprov.go.id yang telah bisa diakses.

Kata dia, dalam situs tersebut, pihaknya telah menyediakan dengan lengkap panduan seputar PPDB online, mulai dari alur pendaftaran, peraturan dan aturannya, hingga bagaiman proses registrasinya.

Selain itu, lanjut Suindra, pada situs tersebut pihaknya juga menginformasikan seputar PPDB, seperti kapan mulai dibuka, persyaratan, kuota PPDB dan kuota per-sekolah serta jalur apa saja yang dibuka dan persentasenya.

“Untuk belajar, kami juga menyediakan video tutorial bagaimana cara mendaftar di PPDB online dan juga buku panduan pendaftaran yang bisa diunduh semua orang. Di sana sudah lengkap semua,” katanya.

Suindra mengungkapkan, hal ini dilakukan pihaknya sebagai evaluasi dari penerimaan PPDB online tahun 2020 lalu. Seperti tahun lalu, pihaknya mengkhawatirkan saat pendaftaran dibuka banyak yang tidak berhasil mendaftar karena tidak memahami alur pendaftaran.

“Yang kami khawatirkan itu, dia tidak melakukan proses uji coba, saat mendapatkan kendala pada hari yang sebenarnya, dia komplen dan protes. Jadi ini yang kami imbau dan tekankan, pelajari cara mendaftarnya. Di web telah kami sediakan semua,” terangnya.

Suindra menambahakan, sebagai persiapan, pihaknya juga telah melakukan uji coba sebanyak dua kali pada 3-5 Mei lalu dan 3-6 Juni 2021 lalu.

“Dari uji coba tersebut, kami mencatat sebanyak 39.245 orang yang ikut dari 97.000 lebih lulusan SMP sederajat yang kami catat,” ucapnya.

Baca Juga: Pendaftaran PPDB SMA dan SMK Sumbar Dibuka 21 Juni

Perlu diketahui, PPDB Sumbar akan dibuka pada 21 Juni 2021 mendatang dengan empat jalur penerimaan, yaitu jalur zonasi, prestasi, perpindahan orang tua dan afirmasi. PPDB ini berkuota 89.281 siswa. [mfz/pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler