Polresta Padang Kerahkan 163 Personel Amankan MTQ ke XXVIII di Sumbar

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Pandangkita.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengerahkan sebanyak 163 personel untuk menyukseskan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional ke XXVIII tahun 2020 di Sumatra Barat (Sumbar).

Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir menyebutkan, personel tersebut akan ditugaskan untuk melakukan pengamanan dan pengawasan di 12 venue dan tiga lokasi yang berkaitan dengan pelaksanan kegiatan MTQ Nasional.

Baca Juga

“Peserta MTQ yang datang ke Padang pastinya akan membawa barang, maka itu menjadi tanggung jawab kita sebagai petugas, mulai dari keamanan peserta, tempat penginapanya hingga sampai pelaksanaan MTQ nantinya,” kata Imran.

Untuk kelancaran penyelenggaraan MTQ itu, kata Imran, Polresta Padang telah bersiap dengan segala kemungkinan, mulai dari perencanaan pengamanan hingga ancaman kerawanan yang akan terjadi.

Dia memerintahkan kepada personel yang terlibat agar selalu melaksanakan tugas dengan baik dan selalu mengantisipasi adanya ancaman kerawanan yang akan terjadi selama pelaksanaan MTQ berlangsung.
Diketahui, pelaksanaan MTQ Nasional akan digelar di Sumbar pada 12-21 November. Perlombaan ini akan diikuti oleh 1.476 peserta.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Juraidi mengatakan awalnya jumlah peserta yang mengikuti MTQ Nasional di Sumbar sebanyak 1.484. Namun dua provinsi menyatakan mundur yakni Yogyakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ada pun jumlah peserta dari 32 provinsi yang mengirim perwakilan yakni Aceh (54 peserta), Sumatra Utara (53 peserta), Sumatra Barat (54 peserta), Riau (54 peserta), Kepulauan Riau (54 peserta), dan Jambi (51 peserta).
Selanjutnya, Bengkulu (35 peserta), Sumatra Selatan (29 peserta), Kepulauan Bangka Belitung (47 peserta), Lampung (27 peserta), Banten (54 peserta), dan DKI Jakarta (53 peserta).

Kemudian, Jawa Barat 54 peserta, Jawa Tengah 50 peserta, Jawa Timur 54 Peserta, Kalimantan Barat 49 peserta, Kalimantan Tengah 44 peserta, Kalimantan Selatan 49 peserta, Kalimantan Timur 54 Peserta, Kalimantan Utara 51 peserta, dan Bali 16 peserta,” papar Juraidi.

Baca juga: Penjelasan Satgas Covid-19 Sumbar Soal Ketatnya Protokol Kesehatan Penyelenggaraan MTQ Nasional

Berikutnya, Nusa Tenggara Barat (24), Sulawesi Selatan (54), Sulawesi Barat (49) Sulawesi Tengah (54) Sulawesi Tenggara (51), Sulawesi Utara (41), Gorontalo (43), Maluku (45) Maluku Utara (41), Papua (35), dan Papua Barat (53). [pkt]


Baca berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler