Polda Sumbar Pastikan Tidak Ada Penyekatan Selama Mudik Lebaran Tahun Ini

Padang, Padangkita.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) memastikan tidak bakal melakukan penyekatan di wilayah perbatasan Sumbar dengan provinsi tetangga selama musim mudik Lebaran 2022.

“Sesuai instruksi pusat, tidak ada penyekatan pada tahun ini,” ujar Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Rabu (20/3/2022).

Dia menuturkan, pihaknya menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu untuk membantu kelancaran arus lalu lintas selama musim mudik dan pengamanan Hari Raya Idulfitri.

Pihaknya bakal memantau penerapan protokol kesehatan di pos tersebut. Oleh karena itu, Polda Sumbar mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan selama mudik.

“Terkait antisipasi Covid-19 menjelang mudik lebaran, tetap patuhi protokol kesehatan utamanya gunakan masker,” jelas Satake.

Sebagai informasi, Polda Sumbar menyiapkan 54 buah pos pengamanan, 34 buah pos pelayanan, dan 1 buah pos terpadu dibangun di Bukittinggi, untuk pengamanan mudik dan lebaran Idulfitri.

Pos ini disiapkan dalam Operasi Ketupat Singgalang yang rencananya dilaksanakan pada 28 April sampai dengan 9 Mei 2022. Total ada 2.342 personel gabungan yang dilibatkan dalam operasi itu.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Lengkap Lokasi 89 Pos Operasi Ketupat Singgalang di Sumbar

“Fokus pengamanan pada Operasi Ketupat Singgalang tahun ini adalah lokasi yang rawan kemacetan, kecelakaan, dan terjadinya bencana alam,” sampai Satake. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist