Polda Sumbar Kerahkan 1.300 Personel Untuk Pengamanan Lebaran dan Cegah Pemudik

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Polda Sumbar mengerahkan 1.300 personel untuk pengamanan mudik Lebaran 2021.

Padang, Padangkita.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) mengerahkan sebanyak 1.300 personel untuk operasi terpusat pengamanan Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah. Operasi kali ini memakai sandi “Operasi Ketupat Singgalang 2021”.

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto Mengatakan, personel tersebut nantinya akan disebar di 56 pos pengamanan dan pelayanan yang akan didirikan di seluruh wilayah Sumbar.

Selain itu, personel tersebut juga akan difokuskan untuk pengamanan di 10 pos penyekatan wilayah perbatasan yang tersebar di tujuh kabupaten di Sumbar untuk antisipasi mobilitas masyarakat yang akan mudik Lebaran.

“Ada 1.300 personel yang kami kerahkan untuk pengamanan Lebaran tahun ini. Kami bergabung dengan instansi lainnya untuk melakukan pengamanan,” kata Satake dihubungi Padangkita.com, Kamis (22/4/2021).

Ia mengatakan, pengamanan kali ini difokuskan pada kepatuhan masyarakat terhadap larangan mudik. Polda akan memusatkan personel di jalan utama perbatasan Sumbar dengan provinsi lainnya.

Tindakan tegas akan dilakukan jika tetap ada masyarakat yang nekat masuk Sumbar saat larangan mudik Lebaran. “Jika ada yang nekat menerobos pos penyekatan akan kita hambat dan suruh putar balik,” kata Satake.

Berdasarkan ketentuan, kata Satake, yang diperbolehkan melewati pos penyekatan hanya kendaraan pengangkut sembako atau logistik, BBM, serta yang dikecualikan dengan keadaan darurat dan bagi yang membawa surat khusus.

“Kami juga akan mengantisipasi pemudik dengan modus tertentu seperti truk isi mobil pemudik, travel gelap, menggunakan ambulans, dan pemudik yang melewati jalur-jalur tikus atau alternatif,” tuturnya.

Satake mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak melaksanakan mudik agar menunda dahulu.

Baca juga: Mudik Lebaran Dilarang, Doni Monardo: “Basaba Wak Dulu”, Covid-19 Belum Hilang

“Saat ini masih dalam pandemi Covid-19, dan kita bersama berupaya mencegah penyebaran maupun penularan virus Corona. Maka kami imbau agar menunda dahulu mudiknya tahun ini,” pungkasnya. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler