Plt Wali Kota Padang Launching Vaksinasi Tahap 2 di Andalas, Ini Harapannya

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini, berita Sumbar hari ini dan berita Corona Sumbar: Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Padang masih terus berjalan.

Padang, Padangkita.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Padang masih terus berjalan.

Ia mengatakan, vaksinasi merupakan upaya konkret dari pemerintah yang bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan masyarakat secara menyeluruh dari penyebaran Covid-19. Sekaligus juga sebagai upaya untuk menurunkan kesakitan dan kematian, serta mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity).

“Vaksinasi ini merupakan vaksinasi tahap kedua, di mana telah kita mulai sejak hari Minggu lalu (28/2/2021),” ungkap Plt Wali Kota Padang Hendri Septa usai me-launching vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat kelompok usia lansia dan aparat pelayan publik di Kecamatan Padang Timur di Puskesmas Andalas, Sabtu (6/2/2021).

Hendri mengatakan, dalam waktu dekat  semua kecamatan di Kota Padang sudah me-launching dan memulai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk tahap kedua tersebut.

“Vaksinasi diikuti sekitar 800 orang yang terdiri dari kelompok usia lansia dan juga para aparat pelayan publik. Sejumlah tempat sudah (divaksin) seperti, di Kelurahan Kampung Pondok sebanyak 1.000 orang di Gedung Himpunan Tjinta Teman (HTT). Kita menargetkan, dalam waktu dekat vaksinasi ini telah diikuti lima ribu warga lanjut usia (lansia) dan juga aparat pelayan publik di Kota Padang. Vaksinasi Covid-19 menargetkan bisa menyasar 700 ribu dari jumlah penduduk di Kota Padang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Padang, Ferimulyani Hamid mengatakan, lansia yang akan divaksin untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

“Siapkan segala keperluan saat akan datang ke Puskesmas atau tempat pelayanan vaksin,” imbaunya.

Keperluan yang mesti disiapkan yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP). KTP mesti dikantongi dan ditunjukkan kepada petugas kesehatan untuk kemudian dicatat.

Namun begitu, Kadiskes mengingatkan sebelum berangkat ke Puskesmas, para lansia diimbau untuk melakukan registrasi awal. Registrasi ini dilakukan lewat telepon seluler (ponsel) berbasis android.

Baca juga: Pemko Padang Targetkan Vaksinasi Puluhan Ribu Lansia Tuntas Hingga April 2021

“Silahkan buka dan mendaftar di laman www.padang.kemkes.go.id . Langkah ini sekaligus untuk mengantisipasi antrean yang panjang. Tidak saja untuk mengantisipasi antrean yang panjang. Pengisian formulir pendaftaran lewat website itu agar seluruh lansia telah terdaftar secara nasional,” ujar Ferimulyani. [pkt]


Baca berita Padang hari ini, berita Sumbar hari ini dan berita Virus Corona (Covid-19) hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist