PKD Sumbar Bakal Digelar di Padang, Ada Reog Kuda Lumping hingga Festival Cepak Cepong

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) melalui Dinas Kebudayaan bakal menggelar Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2022.

Event digelar selama lima hari, yakni 1 – 5 Oktober 2022, menampilkan sejumlah kesenian tradisi dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, baik musik, tari, dan sebagainya.

“Pusat kegiatan digelar di Gedung Kebudayaan Sumbar,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah saat konferensi pers di Gedung Kebudayaan Sumbar, Kota Padang, Jumat (30/9/2022).

Dia menuturkan, PKD 2022 digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Provinsi Sumbar.

“Selain itu, acara juga bertujuan untuk memberi ruang dan apresiasi kepada seniman dan kebudayaan dalam melestarikan kebudayaan daerah,” jelasnya.

Syaifullah menjabarkan, sejumlah pertunjukan juga akan ditampilkan pada PKD 2022, di antaranya Reog Kuda Lumping dari Sanggar Seni Singo Budoyo dari Kabupaten Dharmasraya, pertunjukan Turuk Laggai dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan sebagainya.

“Nanti, juga ada Festival Cepak Cepong yang merupakan pameran kuliner tradisional. Jadi, di PKD 2022, tidak hanya kesenian pertunjukan tetapi juga kesenian lainnya, seperti pameran seni rupa, tari, dan lainnya,” jelas Syaifullah.

Dia menerangkan, pada PKD 2022 ini, akan ada Anugerah Kebudayaan Sumbar yang diserahkan kepada insan kesenian Sumbar yang telah memberikan kontribusi bagi pelestarian kebudayaan di Sumbar.

“Masih banyak kegiatan lain yang kita gelar pada PKD ini, Untuk daftar lengkap jadwal kegiatan PKD 2022, bisa dilihat di Instagram Dinas Kebudayaan Sumbar,” ungkapnya.

Baca Juga: Kemenkes Kirimkan Vaksin Meningitis ke Sumbar Pekan Depan

Syaifullah berharap PKD 2022 bisa semakin mengembangkan kebudayaan di Provinsi Sumbar. Pihaknya pun menargetkan tiga ribu orang pengunjung datang meramaikan event ini tiap harinya. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist