Pimpin Evaluasi Penanganan Covid-19, Pjs Bupati Pasbar: Tingkatkan Tracing, Testing dan Penggunaan Masker

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Simpang Empat, Padangkita.com – Pelaksanaan penanganan Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dievaluasi, hal itu bertujuan untuk meningkatkan kembali semangat tim dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 d9 Bumi Tuah Basamo tersebut.

Rapat evaluasi yang dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Pasbar dipimpin langsung Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pasbar, Hansastri.

Baca Juga

Dalam rapat itu juga hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pasbar, Sekretaris Daerah Pasbar, Yudesri serta stakeholder terkait.

Menurut Hansastri, yang perlu dilakukan saat ini untuk penanganan Covid-19 yaitu mengingatkan bahwa kasus terkonfirmasi positif dan angka moralitas (kematian) akibat Corona terus meningkat sejak dua minggu terakhir.

“Jadi, sangat perlu pembahasan serius tentang cara dan langkah penanganan serta antisipasi lebih lanjut untuk memerangi penyebaran Covid-19 ini,” ujar Hansastri dalam rapat tersebut, Kamis (12/11/2020).

Untuk saat ini, jelas Hansastri, ada beberapa hal yang perlu diingatkan atau ditekankan dalam penanganan Cobid-19 di Pasbar.

Pertama, terkait pemulasaran jenazah pasien positif Covid-19 dan penegakan Peraturan Daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Kita lihat masyarakat sudah jarang menggunakan masker dan mencuci tangan. Ini perlu untuk diingatkan dan ditekankan kembali ke depannya,” tegas Hansastri.

Lalu, untuk jumlah tracing dan testing juga sangat perlu ditingkatkan, agar kemungkinan adanya penyebaran bisa diantisipasi lebih awal.

Baca juga: Warga Pasbar yang Positif Corona Bertambah 7 Orang Lagi

“Melalui rapat ini kita kembali membangkitkan semangat tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 untuk tetap tegar dan waspada serta setia dalam bertugas, karena Covid-19 masih belum hilang di lingkungan sekitar kita,” katanya. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler