Pimpin Apel Gabungan Pengaman Pantai, Wawako Pariaman: Keamanan Penentu Ramainya Pengunjung

Penulis: Redaksi

Pariaman, Padangkita.com – Keamanan pada objek wisata akan menjadi penentu ramainya pengunjung. Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin saat memimpin apel gabungan dalam rangka pengamanan pantai wisata Kota Pariaman di halaman parkir Muaro Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Kamis (14/10/2021).

Menurut Mardison, pariwisata di Kota Pariaman merupakan salah satu andalan untuk menunjang perekonomian masyarakat.

Jadi, katanya, Pemerintah Kota Pariaman (Pemko) menjadikan keamanan sebagai prioritas utama di sebuah objek wisata. Hal itu juga telah dibuktikan dengan selalu melakukan pemantauan terhadap petugas keamanan di sekitar objek wisata.

Apalagi, ucap Mardison, pesisir pantai Kota Pariaman menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Sampai saat ini, Pemko Pariaman masih membenahi keindahan pantai tersebut tanpa menghilangkan keasrian sekitar pantai. Tidak hanya keindahan, Pemko juga memperketat keamanan sekitar objek agar tidak ada terjadi kecelakaan saat berwisata disepanjang pantai.

“Mengurangi angka kecelakaan saat berwisata di Kota Pariaman, Pemko telah membentuk tim pengamanan mulai dari Pantai Sunur sampai Pantai Naras sehingga sepanjang pantai akan selalu diawasi. Khusus untuk area banyak pengunjung, kita akan tempatkan petugas lebih banyak. Petugas yang diturunkan antara lain Pokdarwis, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Polres Pariaman dan Damdim 0308 Pariaman,” ujarnya.

Lalu, untuk menunjang kemajuan dan keamanan pada objek wisata di Kota Pariaman, Pemko Pariaman baru-baru ini telah memberikan pelatihan selam kepada 20 orang pemandu wisata.

Bukan hanya itu, sambung Mardison, Pemko Pariaman melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) juga telah memberikan pelatihan lifeguard kepada para pelaku wisata dan pemuda sekitar destinasi.

Pelatihan tersebut dilakukan agar para wisatawan yang berkunjung di Kota Pariaman bisa memperoleh keamanan, karena setiap pengelola wisata telah berbekal ilmu lifeguard dari Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista).

“Semoga dengan telah banyak pembekalan yang diberikan kepada pelaku dan pemandu wisata di Kota Pariaman, wisatawan kan lebih banyak lagi berkunjung ke Kota Pariaman dan secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Pariaman. Namun, yang paling penting diperhatikan, setiap pengunjung akan selalu diawasi dan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 masih mengintai kita,” paparnya.

Apel gabungan dalam rangka rangka pengamanan pantai wisata Kota Pariaman juga diikuti oleh KAMLA AL Pariaman, POLAIR Pariaman, KSOP, BPBD, Kepala OPD dan Camat dilingkungan Pemko Pariaman, Tim Sat Pol PP, Tim Dishub, Tim Disnas Pariwisata, BALAWISTA “Life Guard” Pariaman, dan semua pelaku pariwisata pariaman.

Baca juga: Sanggar SMMD Kota Pariaman Boyong 3 Piala dalam Lomba PKT Tingkat Provinsi

Pada kesempatan itu, 40 orang tim yang mendapatkan pelatihan pengamanan wisata juga melakukan sosialisasi penyelamatan orang tenggelam di laut. [adv]

Terpopuler

Add New Playlist