Petir Besar Kagetkan Warga Padang, BMKG: Karena Akumulasi Panas Belakangan Ini

Penulis: Muhammad Aidil
|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pengendara motor berlindung ke tempat yang lebih aman agar tak disambar petir

Padang, Padangkita.com– Hujan deras diikuti petir besar sebanyak dua kali mengagetkan warga di Kota Padang, terutama di Kompleks Gelanggang Olah Raga (GOR) Haji Agus Salim, Kecamatan Padang Barat pada Kamis (27/5/2021) siang.

Pantauan Padangkita.com, sejumlah warga yang berada di pinggir jalan dan pengendara sepeda motor terpaksa harus berlindung ke tempat yang lebih aman agar tak disambar petir.

Kepala Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padang Pariaman, Sakimin mengatakan, terjadinya petir disebabkan akumulasi cuaca panas yang terjadi belakangan ini.

“Petir terjadi karena akumulasi panas, sehingga kandungan volume awan Cumulonimbus (CB)-nya banyak,” kata Sakimin saat dihubungi Padangkita.com via telepon.

Ketika volume awan semakin banyak maka akan kompleks, seperti ada angin kencang dan petir, di samping hujan.

“Semakin volumenya besar, makan potensi (petirnya) besar juga, kalau tidak, mungkin hujan juga,” katanya.

Petir, ulas Sakimin, akan mengincar objek tinggi, seperti pohon. Dirinya meminta masyarakat untuk tidak berdiri di bawah pohon dan tanah lapang, karena dikhawatirkan akan tersambar.

“Petir itu masih ada potensinya, ketika awan CB itu ada di dalamnya, karena enklipsi di dalam awan CB itu ada kandungan petir dan angin kencangnya. Saat ini sedang memasuki musim kemarau, tapi akan tetap ada potensi hujan, meski tak seintens sebelumnya, sudah menurun,” jelasnya.

Pihaknya sudah memprediksi bahwa akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga deras terjadi pada Kamis (27/5/2021) siang.

Kemudian untuk Jumat hingga Sabtu (28-29/5/2021) diprediksi masih akan ada potensi hujan sedang hingga deras di kawasan Padang, Pesisir Selatan hingga Solok.

Sejumlah daerah yang terdampak hujan, yakni sepanjang pesisir barat Sumatra Barat (Sumbar) dan kawasan perbukitan, seperti di Pesisir Selatan, Padang, Pariaman, Padang Pariaman, Solok, sampai ke Pasaman dan Pasaman Barat (Pasbar).

Baca juga: Pandemi, Tahun Kedua Perayaan Waisak Digelar Sangat Sederhana di Padang

“Hujannya cenderung agak merata dengan intensitas sedang hingga deras, kami sudah sebar informasinya ke lintas sektor terkait,” imbuhnya. [pkt]

Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist