Pertama di Indonesia, Gerbong Khusus Parkir Sepeda di KA Sibinuang Resmi Beroperasi

Padang, Padangkita.com – PT Kereta Api Indonesia Divre II Sumatra Barat (Sumbar) menyediakan gerbong khusus untuk parkir sepeda bagi  penumpang Kereta Api Sibinuang keberangkatan dari Stasiun Padang–Pariaman–Naras (PP).

Layanan tambahan bagi penumpang tersebut diklaim sebagai yang pertama di Indonesia untuk kereta api lokal. Penggunaannya diresmikan oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy di Stasiun Padang, Simpang Haru, Kota Padang, Sabtu (20/11/2021).

Pada kesempatan itu, Audy mengapresiasi layanan baru dari PT KAI Divre II Sumbar itu.

“Saya pernah dua tahun tinggal di Belanda. Di sana, orang suka bersepeda dan ada gerbong khusus untuk parkir sepeda. Saya tidak menyangka di kampung saya, Sumbar, ternyata layanan serupa ada juga. Ini pertama di Indonesia (untuk kereta api lokal),” ujar Audy.

Dia mengatakan layanan ini perlu disosialisasikan agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu, kolaborasi dengan pelaku pariwisata juga perlu dilakukan sehingga bisa diketahui.

“Kami yakin sekali, kan Covid-19 sudah melandai, sudah ada lagi orang datang ke Sumbar untuk berwisata. Ini bisa kita apungkan sehingga orang bisa tahu. Dengan layanan kereta api ini, ekonomi masyarakat juga bisa tumbuh,” jelas Audy.

 

Wali Kota Pariaman, Genius Umar yang hadir dalam acara serupa, juga menyampaikan apresiasinya kepada PT KAI Divre II Sumbar. Dia mengatakan layanan ini bisa mengembangkan wisata di daerahnya.

“Pariaman adalah kawasan wisata. Dengan kehadiran gerbong untuk parkir sepeda ini, orang bisa datang ke Pariaman, lalu berkeliling dengan sepeda ke objek-objek wisata yang ada,” sebutnya.

Sementara itu, Vice President PT KAI Divre II Sumbar, Miming Kuncoro mengemukakan layanan ini bisa dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat.

Caranya, penumpang dapat menambahkan pemesanan untuk parkir sepeda saat memesan tiket Kereta Api Sibinuang di aplikasi KAI Access versi terbaru.

“Tidak ada biaya tambahan. Penumpang cukup membeli tiket saja untuk naik kereta api, layanan ini sudah bisa dimanfaatkan,” sampainya.

Dia menjelaskan layanan ini yang sudah pernah diuji coba pada awal November lalu ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah penumpang kereta api, khususnya yang terbiasa menggunakan sepeda untuk bepergian setelah menggunakan transportasi umum.

Baca juga: Kemenhub Aktifkan Kembali Jalur Kereta Api Naras-Sungai Limau

“Serta bertujuan untuk mengajak masyarakat kembali bersemangat dalam berolahraga, khususnya bersepeda dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist