Kemenhub Aktifkan Kembali Jalur Kereta Api Naras-Sungai Limau

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretapian bakal mengaktifkan kembali atau reaktivasi jalur kereta api di Sumatra Barat (Sumbar). Salah satunya jalur kereta api Naras-Sungai Limau.

“Reaktivasi jalur kereta api itu sudah melalui kajian mendalam dan sudah masuk dalam rencana strategis,” ujarnya, Senin (15/11/2021).

Dia mengatakan reaktivasi jalur kereta api dilaksanakan dengan sistem kontrak tahun jamak (multi years contract) dari tahun 2020-2022, menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara.

Bukan hanya untuk angkutan penumpang, jalur sepanjang 7,5 kilometer itu juga ditargetkan untuk menjadi sarana angkutan barang seperti CPO dan lainnya.

Dia berharap, melalui reaktivasi jalur kereta api tersebut, konektivitas dan perekonomian masyarakat di Sumbar dapat ditingkatkan.

Zulmafendi juga menyampaikan, selain reaktivasi jalur kereta api Naras-Sungai Limau, Kementerian Perhubungan juga melakukan sejumlah peningkatan jalur kereta api Padang-Bukit Putus-Pauh Limo Padang.

Baca Juga: Pejalan Kaki Tewas Ditabrak Kereta Api Sibinuang di Kurai Taji Pariaman

Kemudian, jalur Padang-Pariaman untuk peningkatan keselamatan, jalur Simpang Haru-Pulau Air, serta normalisasi jalur kereta api pariwisata Sawahlunto. [pkt/fru]

Terpopuler

Add New Playlist