Perkuat Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi, Pemko Bukittinggi Galakkan Budikdamber

Penulis: Zulfikar Efendi

Bukittinggi, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah Pendemi Corona.

Salah satu upaya tersebut, yaitu adanya Program Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) yang merupakan hasil kerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI).

Program itu dimulai di Kecamatan Guguak Panjang, yaitu adanya 50 ember bibit ikan lele untuk dibudidayakan, dan dananya berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) BNI Cabang Bukittinggi.

Ketua TP PKK Bukittinggi, Fiona Erman Safar menyambut baik dan mengapresiasi program tersebut sebagai upaya penguatan ekonomi kerakyatan.

Seyogyanya, kata Fiona, hal itu (penguatan ekonomi masyarakat) harus menjadi perhatian seluruh stakeholder di Kota Bukittinggi.

“Alhamdulillah, masyarakat Kota Bukittinggi dapat bantuan dari dana CSR BNI, berupa budidaya ikan dalam ember. Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat membantu memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi,” ujar Fiona dikutip dari situs resmi milik Pemko Bukittinggi, Minggu (26/9/2021).

Bukittinggi, Padangkita.com - Pemko Bukittinggi terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah Pendemi Corona.
Program Budikdamber di Kota Bukittinggi. [Foto: Dok. Humas Pemko Bukittinggi]
TP PKK Kota Bukittinggi, ucap Fiona, sangat mendukung program-program yang digulirkan Pemko Bukittinggi dalam mengupayakan penguatan ekonomi kerakyatan.

Apalagi, jelas Fiona, dalam kondisi pandemi. Program-program dimaksud, yaitu berkaitan erat dengan pengejawantahan 10 Program Pokok PKK.

“Kami di Tim Penggerak PKK Kota, Kecamatan, maupun Kelurahan, juga telah menyusun program-program yang sedapat mungkin memiliki daya dorong terhadap terciptanya kesejahteraan keluarga. Banyak masyarakat yang perekonomiannya terdampak pandemi. Kondisi ini tentu akan berpengaruh terhadap kesejahteraan keluarga, seperti kebutuhan pangan, sandang, pendidikan, dan lain sebagainya,” ucap Fiona.

Sementara itu, Camat Guguak Panjang, Yelrizon mengatakan, ia beserta jajarannya juga berkomitmen untuk mengangkat potensi perekonomian warga tiap-tiap kelurahan di Kecamatan Guguak Panjang.

Upaya itu, jelas Yelrizon, dengan mengajak tiap-tiap kelurahan untuk terus menggali potensi ekonomi di tengah pandemi ini.

Baca juga: Pemko Bukittinggi Lepas Masa Purna Bakti Mantan Sespri Gubernur Mukhlis Ibrahim

“Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini, Kelurahan Benteng Pasar Atas menjadi percontohan dengan menerima bantuan CSR budidaya ikan dalam ember dari BNI Cabang Bukittinggi. Bakhan, BNI juga komit akan memberikan bantuan CSR lainnya jika program kali ini berhasil,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler