Pemko Bukittinggi Lepas Masa Purna Bakti Mantan Sespri Gubernur Mukhlis Ibrahim

Penulis: Zulfikar Efendi

Bukittinggi, Padangkita.com – Yuen Karnova, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bukittinggi yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Pribadi (Sespri) mantan Gubernur Sumbar, Mukhlis Ibrahim kini memasuki masa purna bakti.

Diutip dari situs resemi milik Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi, Minggu (26/9/2021), pelepasan masa purnabakti Yuen diselenggarakan di Rumah Dinas Wali Kota.

Yuen yang menjalani cuti besar sejak Juli hingga Agustus itu kini memutuskan untuk memasuki masa purna bakti sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dalam sambutannya mengungkap kenangan bersama Yuen ketika awal menjabat sebagai wali kota.

Erman mengaku banyak mendapatkan ilmu dari Yuen, terutama tentang pemerintahan dan administrasi pemerintahan.

“Saya tidak memiliki pengalaman dalam pemerintahan, bahkan untuk menjadi Ketua RT sekalipun. Tiga bulan pertama saya menjabat sebagai wali kota, cukup banyak ilmu yang Saya dapatkan dari Bapak Yuen Karnova, termasuk bagaimana mendisposisi surat,” ujar Erman.

Kemudian, kata Erman, ia sangat berterima kasih atas pengabdian Yuen untuk Kota Bukittinggi selama 10,5 tahun belakangan.

Bukittinggi, Padangkita.com - Yuen Karnova, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bukittinggi, kini memasuki masa purna bakti sebagai ASN.
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar (kanan) bersama Skeda Yuen Karnova (kiri). [Foto: Dok. Humas Pemko Bukittinggi]
“Terima kasih atas ilmu yang bermanfaat yang Bapak Yuen ajarkan kepada ASN di Pemko Bukittinggi. Tetaplah menebar manfaat, memberikan masukan dan saran, meskipun Bapak Yuen sudah berada di luar pemerintahan nanti,” ungkap Erman.

Sementara itu, kepada ASN Pemko Bukittinggi, Yuen berpesan agar menjaga hubungan silaturahmi, pertemanan dan persaudaraan.

“Apapun jabatan yang pernah aaya emban, itu semua karena bantuan rekan kerja dan atasan. Dengan bantuan itu pula, saya bisa menjalankan tugas-tugas yang diembankan kepada saya. Maka, jagalah hubungan pertemanan dan persaudaraan,” ujar Yuen.

Diketahui, Yuen Karnova mengawali masa baktinya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 1988 di Kota Padang Panjang.

Lalu, tahun 1998, Yuen melaju ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) sebagai Sespri Gubernur Mukhlis Ibrahim.

Yuen menjalankan amanah sebagai Sespri hingga Pj Gubernur Sumbar, Muhammad Thamrin (2005) menjabat.

Baca juga: Soal Kutipan “Tidak Loyal Adalah Bibit Seorang Pengkhianat”, Ini Kata Wako Erman Safar

Kemudian, sebelum menjabat sebagai Sekda Kota Bukittinggi pada tahun 2011, Yuen Karnova juga sempat menjabat sebagai Sekda Kabupaten Padang Pariaman. [*/zfk]

Terpopuler