Peringatan Dini BMKG, Hujan Lebat Disertai Petir Akan Landa Sumbar hingga Kamis Besok

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Padang, Padangkita.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun Geofisika Minangkabau di Padang Pariaman mengeluarkan peringatan dini cuaca di Sumatra Barat (Sumbar) pada Selasa (7/9/2021).

Dalam peringatan dini tersebut, diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat akan terjadi di beberapa wilayah di Sumbar hingga Kamis (9/9/2021).

Pada Selasa (7/9/2021), BMKG mencatat bahwa akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sejak siang hingga sore di wilayah Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan dan sekitarnya.

Lalu, pada malam hari diprakirakan hujan sedang hinga lebat dan disertai petir akan terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pada Rabu (8/9/2021), BMKG memprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hinga lebat disertai petir/kilat sejak siang hingga sore di wilayan Pasaman Barat, Agam, Padang pariaman dan sekitarnya.

Kemudian, pada Kamis (9/9/2021), BMKG memprakirakan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dari siang hingga sore di wilayah Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan sekitarnya.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau, Yudha Nugraha mengatakan, umumnya cuaca di Sumbar dari pagi hingga siang cerah berawan.

Sementara itu, untuk suhu udara di Sumbar berkisar 16 sampai 30 derajat.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Sumbar hingga Minggu, Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Disertai Petir

“Suhu udara 16 sampai 30 derajat cesius, kelembaban udara 65 hingga 98 persen, dan kecepatan angin dari barat daya ke timur laut, dengan kecepatan 6 hingga 18 kilometer per jam,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist