Perantau Jangan Mudik Lebaran, Mahyeldi: Jika Rindu Rendang dan Lamang Tapai, Minta Dikirimkan Saja

|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Semua perbatasan Sumbar ada penyekatan, sehingga tidak boleh ada yang masuk

Padang, Padangkita.com– Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah mengimbau para perantau untuk tidak mudik pada Lebaran tahun ini.

Sebab, di semua perbatasan Sumbar ada penyekatan, sehingga tidak boleh ada yang masuk.

“Kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan Polda, Kejati, dan Korem. Tentu dalam hal ini kita pemerintah daerah memberikan dukungan dan bersinergi untuk itu (penyekatan),” ujarnya, Senin (26/4/2021).

Dia mengatakan penyekatan di wilayah perbatasan tersebut dilakukan sesuai arahan dari pemerintah pusat. Penyekatan sudah dimulai sejak 22 April sampai 24 Mei mendatang. Pemudik pun dilarang masuk ke Sumbar.

Mahyeldi berharap dengan adanya kebijakan ini, maka potensi penyebaran dan penularan Covid-19 bisa diminimalisasi.

“Kita juga mengingatkan kepada perantau-perantau, kita juga sudah mengingatkan beberapa kali, untuk bisa menahan diri untuk tidak pulang kampung,” sebutnya.

Dia menyarankan para perantau merayakan Lebaran pada tahun ini secara virtual dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

“Atau mungkin jika para perantau rindu dengan rendang ataupun lamang tapai, nanti bisa dikirimkan dari kampung halaman,” sampainya.

Mahyeldi mengingatkan, sesuai pengalaman Sumbar dalam menangani pandemi Covid-19, mobilitas penduduk dari luar daerah pada Lebaran tahun lalu meningkatkan jumlah kasus penyebaran Covid-19 di Sumbar.

Baca juga: Pagi ini, Gubernur Sumbar Akan Lantik Bupati dan Wakil Bupati Solok dan Solok Selatan Terpilih

Oleh karena itu, dengan adanya penyekatan, Mahyeldi berharap kasus penularan Covid-19 bisa ditekan dan dikendalikan. [pkt]

Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler