Penikmat Nasi Padang Ini Keluhkan Dendeng Sitipis ‘Kesabaran’, Langsung Diserbu Warganet

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Masakan Padang kembali viral di media sosial. Kali ini yang menjadi sorotan adalah masakan dendeng.

Seorang pengguna TikTok dengan akun @ekoandv*** mengunggah video yang memperlihatkan sebungkus nasi padang dari salah satu rumah makan. Dari bungkus nasi padang terlihat logo dan tulisan dengan merek Rumah Makan & Restoran Bundo Kanduang (Masakan Padang), di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Di video tersebut, pria pemilik akun membolak-balik sepotong dendeng tipis di atas sebungkus nasi padang yang telah dibuka. Ia pun bilang, “Makin tipis aja ni dendeng. Ya Allah tipisnya, setipis kesabaran.”

“Parah nih. ‘Bundo Kanduang’ pelit. Kayak ibu tiri aja nih, kayak bundo tiri,” ujarnya.

Kontan saja unggahan video tersebut pun ramai mendapat komentar warganet.

“Yak an memang dendeng kek (seperti) gitu,” tulis @rzqii_***.

“Makanya ga pernah pakai lauk dendeng. Karena sudah mahal tapi gak berasa makan daging. Mending rendang, meskipun kecil tapi masih ada rasanya,” tulis @younamed***.

“Dendeng bukan rendang,” tulis @tarros***.

“Itu dendeng masiak (kering) namanya,” tulis @benibe***.

“Nan dendeng tu to satipih tu. Cuman, kok leba tu tergantung rumah makan ma da,” tulis @nefertiti*** dalam bahasa Minang.

Sekadar informasi, dendeng memang merupakan salah satu menu wajib di rumah makan padang. Menu ini selalu seiring sejalan dengan rendang.

Dendeng merupakan daging yang sudah dipotong-potong tipis yang dibuang lemaknya untuk menghindari pembusukan. Menurut pakar kuliner Nusantara, Arie Parikesit, dendeng merupakan pengawetan daging, bisa daging sapi, kambing, ayam bahkan juga ikan, dan sekarang  sudah banyak variannya.

Tak hanya di Indonesia, dendeng juga lazim dikonsumsi di berbagai negara baik di Asia maupun negara-negara lain. Menurut Arie Parikesit, di Amerika dendeng disebut dengan ‘beef jerky’.

“Jerky” berasal dari kata dalam bahasa Spanyol yaitu ‘charqui’ yang artinya membakar daging. Dendeng merupakan sebutan lokal, menurut Arie dendeng sudah disesuikan dengan cita rasa Nusantara.

Di Indonesia, ada banyak ragam dendeng. Namun yang paling terkenal adalah di Sumatra Barat (Sumbar) dengan masakan padang-nya. Di antara ragam dendeng adalah, dendeng batokok, dendeng sayat, dendeng giling, dendeng iris (dendeng kering).

Baca juga: Ini Dia Nasi Padang ‘Pertama’ di Kota Padang

Nah, yang dikeluhkan pengguna media sosial di awal adalah dendeng kering. Dalam penyajiannya, dendeng kering ini memang tipis, supaya hasilnya garing seperti makan kerupuk.  [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist