Pemula Wajib Tahu, Ini Langkah Mengatur Keuangan Biar Pendapatan dan Pengeluaran Seimbang

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Bagi sebagian orang, gajian mungkin menjadi momen memerdekakan diri untuk mewujudkan impian untuk membeli barang yang diinginkan sejak awal bulan lalu.

Tapi, mungkin sebagian lagi justru harus merelakan lebih dari separuh gajinya untuk membayar tagihan menumpuk. Akhirnya, senang-senang saat gajian hanya berupa mitos. Nah, Anda tipe menghabiskan gaji yang seperti apa?

Kalau jawaban Anda adalah salah satu dari keduanya, maka Anda sebaiknya perlu belajar lagi tentang manajemen keuangan.

Kenapa? Karena inti mengelola keuangan yang sebenarnya adalah bukan tentang bagaimana menghabiskan, tetapi langkah untuk tetap menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran, demi masa depan keuangan yang lebih stabil.

Lalu, apa yang harus dilakukan saat gajian tiba? Yuk, kita simak beberapa tips dan triknya dari beberapa pakar keuangan:

1. Membuat Rencana Keuangan

Memiliki rencana keuangan lebih dari sekadar mencari tahu berapa banyak gaji yang tersisa setelah tagihan dibayar. Rencana bisa dimulai dengan memikirkan tentang apa yang benar-benar Anda inginkan.

Baca juga: Jangan Dibuang, Kulit dan Biji Buah-Buahan Ini Baik untuk Tubuh

Apa tujuan rencana ini? Ingin travelling keliling dunia? Beli rumah? Membangun bisnis? Atau mungkin menikah? Bila sudah menentukan tujuan keuangan, pertimbangkan untuk membuat rekening tabungan terpisah.

2. Menabung untuk Jangka Pendek dan Investasi untuk Jangka Panjang

Jangan pernah mengandalkan kredit atau utang untuk semua pengeluaran tak terduga. Siapkan dana darurat tersendiri sejumlah 3-6 kali gaji dan tidak mengambil cicilan lebih dari 30% nilai gaji. Ini adalah ukuran keuangan yang sehat menurut pakar pengelolaan keuangan.

3. Mendapatkan Pendapatan Tambahan

Menjadi sukses, apa pun artinya untuk Anda, dimulai dengan memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang Anda inginkan dan kemudian membuat rencana untuk mencapainya. Bila perlu, cari sumber pendapatan lainnya untuk memenuhi pengeluaran Anda saat ini. [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Suara.com jaringan Padangkita.com dengan judul: Tips Belajar Mengatur Keuangan untuk Pemula