Pemprov Sumbar Akan Fasilitasi Produk UMKM Masuk Kamar Hotel 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat melalui Dinas Koperasi dan UKM saat ini tengah menjajaki upaya agar produk umkm bisa ‘masuk’ hotel.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Nazwir mengungkapkan bahwa pihaknya berkeinginan agar nantinya ada semacam sample dan katalog produk umkm di kamar-kamar hotel.

“Kita ingin ada produk-produk umkm di kamar hotel jadi nanti saat pengunjung tertarik bisa langsung menanyakan atau pesan ke pihak hotel,” ungkapnya pada Padangkita.com, Selasa (6/12/2022).

Untuk itu, pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan perwakilan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) terkait wacana tersebut.

“Kita sudah sampaikan, dan memang PHRI juga berkeinginan sama, tapi tentunya setiap produk yang masuk harus premium. Jadi produk yang akan masuk, nantinya kita kurasi dulu di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) sebelum masuk ke hotel,” terangnya.

Selain itu pihaknya juga telah meminta agar hotel-hotel juga bisa menyediakan space untuk display produk-produk umkm.

“Kita minta PHRI agar tiap hotel bisa menyediakan minimal 5 display, dan itu gratis,” pungkasnya.

Saat ini setidaknya ada 600 ribu umkm dari berbagai sektor di Sumatra Barat, dimana 553 ribu diantaranya umkm mikro.

Baca JugaKejutan Akhir Tahun dari Pegadaian, Ada Pinjaman Tanpa Bunga untuk UMKM

“Sampai saat ini kita terus mendorong pelaku umkm untuk mengurus legalitas, terutama mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) karena gratis dan banyak manfaatnya,” pungkasnya. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist