Pemko Pasang Jaring Penahan Sampah di Dua Titik Batang Arau

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Sebagai salah satu langkah mengatasi permasalahan sampah di kawasan Batang Arau, Pemerintah Kota (Pemko Padang) akan memasang jaring penahan sampah.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengungkapkan ada dua unit jaring sampah yang akan di pasang sepanjang Sungai Batang Arau, Padang Selatan, Padang.

“Jaring tersebut berfungsi menahan sampah dari aliran sungai yang akan masuk ke Batang Arau, sehingga sampah tersebut tidak sampai ke laut. Ini salah satu upaya, karena Batang Arau ini bermuara langsung ke laut,” terangnya dilansir Senin (30/1/2023).

Sebelum pemasangan jaring tersebut, dirinya telah melakukan peninjauan lokasi saat kegiatan Padang Bergoro pada Minggu (29/1/2023) pagi.

“Nanti akan ada petugas yang mengangkut sampah-sampah di titik jaring terpasang,” pungkasnya.

Kendatipun akan dipasang jaring, Hendri Septa tetap meminta masyarakat jangan membuang sampah ke sungai, karena sangat luas.

“Maka dari itu, mohon kepada seluruh masyarakat untuk bekerja sama saling membantu agar pariwisata kita semakin maju kedepannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Mairizon mengatakan, pada tahun 2023 ini pemerintah telah menganggarkan pembuatan penyaring sampah sebanyak dua unit, khusus untuk kawasan Batang Arau.

“Ini akan dilakukan secara bertahap, karena luasnya wilayah sungai di Kota Padang dan anggaran yang dibutuhkan juga besar. Untuk tahun ini kita Fokus kan di Batang Arau dulu,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah memasang 10 unit jebakan sampah di 10 titik saluran drainase yang bermuara ke sungai Batang Arau.

“Ya ini upaya kita mengurangi sampah yang ada di Batang Arau,” pungkasnya.

Sebelumnya Pemko Padang berencana akan menggelar sejumlah event di Batang Arau dalam waktu dekat.

Baca JugaEnam Rangkaian Acara yang akan Memeriahkan Festival Muaro Padang 

Salah satunya yang telah masuk kelender wisata kota Padang tahun 2023 adalah Festival Muaro yang akan dilaksanakan 22 hingga 26 April dan terdiri dari berbagai kegiatan. [hdp]

 

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist