Pemko Padang Siapkan Sejumlah Program Jadikan Lubang Japang Objek Wisata Sejarah

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pemko Padang telah menetapkan Kampung Tematik di tiap-tiap kecamatan yang berbasis potensi, budaya dan kearifan lokal.

Di Kecamatan Nanggalo, ada Kelurahan Tabing Banda Gadang dengan tema Kampung Tematik Lubang Japang/Jepang (wisata sejarah).

Kampung tematik wisata sejarah Lubang Japang dibina langsung oleh Dinas Pariwisata Kota Padang dengan membentuk komunitas ekonomi kreatif (ekraf).

Di sekitar lokasi juga dijadikan sentra promosi produk ekraf untuk menaikkan taraf ekonomi warga setempat.

Camat Nanggalo Mahdalena bersama Kabid Ekraf Dinas Pariwisata Kota Padang Andi Amir dan Kabid Pemasaran Asmawati meninjau potensi Lubang Japang di perbukitan Gunung Pangilun, Kelurahan Tabing Banda Gadang, Kamis (19/5/2022) sore.

“Balai Pelestarian Cagar Budaya (Purbakala) Batusangkar juga telah datang berkunjung melihat keberadaan objek wisata Lubang Japang. Mereka menyiapkan perencanaan pembenahan yang akan dilakukan, bersama Dinas PUPR, Dinas Pariwisata dan OPD terkait lainnya,” ungkap Mahdalena.

Menurut Mahdalena, pembenahan Lubang Japang dilakukan setelah terbentuk Kelompok Sadar Wisata (Podarwis). Tujuanya, supaya para pengunjung yang datang ke objek wisata Lubang Japang aman dan nyaman serta menyenangkan.

Di sekitar pintu mau masuk Lubang Japang juga akan dibangun berbagai fasilitas, di antaranya areal tempat duduk bagi pengunjung. Juga aka nada musala, kamar mandi dan WC.

“Pembenahan tersebut akan didesain dengan rapi, sehingga setiap pengunjung tertarik untuk berfoto-foto atau selfi,” kata Mahdalena.

Ia berharap masyarakat Tabing Banda Gadang mendukung semua program untuk Lubang Jaoang tersebut.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Padang Asmawati mengatakan, pihaknya memang sengaja melihat potensi Lubang Japang di Kelurahan Tabing Banda Gadang. Ternyata, kata dia, objek wisata Lubang Japang unik dan menarik. Maka sangat berpotensi untuk dikembangkan.

“Soalnya di tengah Kota Padang ada Lubang Japang. Di mana mana tidak ada lubang di tengah kota, hanya satu satunya Lubang Japang di Tabing Banda Gadang,” ujar Asmawati.

Baca juga: Hendri Septa Terkejut Temukan Lubang Jepang, Ini Sebaran Bunker Peninggalan Jepang di Padang

Dinas Pariwisata Kota Padang akan memberikan pelatihan-pelatihan terhadap Pokdarwis Tabing Banda Gadang jika sudah terbentuk. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist