Pemko Padang Fasilitasi Penerimaan Komcad Matra 2023, Tertarik Untuk Bergabung?

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan memfasilitasi para PNS, PPPK dan Pegawai Kontrak untuk ikut bergabung mendaftarkan diri sebagai anggota Komponen Cadangan (Komcad) TNI dari Kodam 1/BB dan Koordinator langsung Kasat Pol PP Kota Padang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar saat kegiatan sosialisasi online tentang pembentukan atau perekrutan Komcad TNI AD dari Kodam 1/BB. tahun 2023 oleh Kodim 0312/Padang pada Jumat (20/1/2023).

“Kita akan sosialisasi terkait program rekrutmen Komcab matra ini. Bila ada ASN dilingkungan Pemko Padang yang berminat akan kita keluarkan surat izin mengikuti program pertahanan ini” ujar Sekda.

Lebih lanjut ia menambahkan, tujuan dari keikut sertaan para asn dalam Komcad ini, selain untuk bela negara, juga sebagai aset Pemko Padang dalam mempersiapkan kader pemerintahan yang memiliki disiplin dan wawasan kebangsaan.

Sementara itu, Dirjen Pothan Kemhan Mayjen TNI Dadang Hendrayudha menjelasakan, Komcad adalah Sumber Daya Nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

“Kodam I Bukit Barisan bersiap membuka perekrutan Komcad Matra darat di tahun 2023 ini. Untuk batas umur untuk perekrutan Komcad di mulai dari usia 18 sampai batas maksimal 35 tahun,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, masa pendidikan Komcad berjalan selama 3 bulan dan semua biaya akan ditanggung oleh negara selama proses berlangsung, tidak hanya itu, selama pendidikan akan di berikan uang saku tanpa pemotongan gaji selama pendidikan berlangsung bagi mereka yang juga mempunyai profesi seperti PNS, Guru, Honorer, Dosen, Wiraswasta dan Pekerja Swasta.

“Karena semua sudah diatur dalam undang-undang yang berlaku, jika ada pemotongan gaji yang dilakukan oleh pihak Instansi/perusahaan akan di kenakan pasal/pidana.” sambungnya.

Ia menambahkan, tidak ada batasan profesi dalam perekrutan Komcad TNI AD dari Kodam 1/BB tersebut. Perekrutan bersifat sukarela, bagi yang ingin bergabung di Komcad TNI AD dari Kodam 1/BB, harus berbadan sehat dan fisik yang sehat.

Baca Juga : Launching Calendar of Event, Pemko Padang Hadirkan 46 Event Sepanjang 2023 

“Bahkan yang berprofesi sebagai petani pun bisa ikut dalam Komcad ini. Pendaftaran di buka secara Online https://komcad.kemhan.go.id, mulai tanggal 2 Januari sampai 14 April 2023.” pungkasnya. [hdp]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist