Pemko Padang Diminta Percepat Penyaluran Dana Hibah dan Dana Pokir Dewan

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Anggota Komisi I DPRD Kota Padang, Budi Syahrial mendesak Pemerintah Kota (Pemko) Padang untuk mempercepat pencairan dana hibah dan pokok pikiran (pokir) anggota dewan.

Menurut dia, dengan mempercepat pencairan ini akan berpotensi menumbuhkan perekonomian masyarakat Kota Padang yang saat ini masih terdampak oleh pandemi Covid-19.

“Dana pokir, dana-dana hibah dipercepat saja. Belanja pemerintah daerah itu memicu pertumbuhan ekonomi,” ujar Budi Syahrial di gedung DPRD Padang, Selasa (31/8/2021).

Budi mencontohkan, banyak masjid di Kota Padang jika mendapatkan dana bantuan pokir dewan atau dana hibah yang akan melakukan pembangunan.

“Mereka akan berbelanja bahan bangunan, tukang-tukang akan terpakai dan yang lain-lainnya juga akan bergerak,” kata politisi Partai Gerindra ini.

Selain itu, lanjut dia, dengan adanya bantuan tunai untuk warga melalui dana pokir tersebut, baik senilai Rp1,5 juta hingga Rp2 juta akan menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Mereka akan belanja, pasar akan bergerak,” ucapnya.

Budi mendesak agar Pemko Padang mempercepat penyaluran hingga bulan Oktober mendatang.

“Jangan tunggu pula bulan Desember. Recofusing telah jalan, kegiatan bapak-bapak (Pemko Padang) sudah berkurang, kenapa harus di bulan Desember? Oktober selesaikan,” tegas dia.

Sementara itu, Asisten II Setdako Padang, Endrizal menyebutkan, pihaknya akan menindaklanjuti masukan anggota dewan tersebut.

“Terkait hibah ini akan kami telusuri, apabila telah sesuai dengan mekanismenya akan kami percepat,” kata Endrizal kepada Padangkita.com.

Terkait penyaluran bantuan langsung tunai untuk warga, Endrizal mengakui memang ada sedikit kendala. Salah satunya berhubungan dengan data penerima.

“Kadang rekeningnya tidak pas. Terus data, Dinas Sosial dan Kesra kan soal data ini harus jelas, kadang-kadang datanya kurang pas,” ulasnya.

Baca juga: Penggunaan Dana Rp3,2 Miliar Tak Jelas, DPRD Padang Panggil KONI, BPKAD dan Dispora

Endrizal menambahakan, saat ini timnya masih bekerja terkait dana hibah, bantuan, dan dan pokir dewan ini.

“Secepatnya akan kami salurkan,” tegasnya. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist