Pemkab Pessel Akan Bangun Puskeswan di Pasir Binjai dengan Anggaran Rp1 Miliar

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Painan, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) berencana membangun Kantor Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Nagari Pasir Binjai, Kecamatan Silaut.

Pembangunan Puskeswan itu diperkirakan akan menghabiskan anggaran senilai Rp1 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

Camat Silaut, Syamwil mengatakan, bahwa lahan untuk pembangunan Puskeswa itu sudah disediakan. “Lahannya sudah dibebaskan, seluas .300 meter persegi,” ujarnya dikutip dari situs resmi milik Pemkab Pessel, Rabu (30/6/2021).

Bahkan, kata Syamwil, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Efrianto. Lalu, Wali Nahari dan anggota Bamus juga sudah meninjau lahan tersebut.

Menurut Syamwil, keberadaan Puskeswan itu memang sudah menjadi harapan masyarakat sejak lama, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan hewan di daerah itu.

“Karena tidak ada Puskeswan, masyarakat kita harus pergi ke Lunang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hewan mereka, itu jaraknya cukup jauh,” ungkapnya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan hewan, ucap Syamwil, keberadaan Kantor Puskeswan itu juga mendukung program integrasi pemeliharaan ternak sapi dengan perkebunan kepala sawit di Kecamatan Silaut, di mana jumlah populasi ternak sapi telah mencapai 2.500 ekor.

“Program integrasi pemeliharaan ternak sapi dengan perkebunan kepala sawit yang dikembangkan di Silaut kini terus dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Efrianto mengatakan, pihaknya bersama Camat Silaut, Syamwil, wali nagari dan anggota Bamus Nagari Pasir Binjai telah meninjau lokasi lahan untuk pembangunan Kantor Puskeswan tersebut.

Baca juga: Kisah Para Nelayan Pukat Tradisional di Pesisir Selatan Memenuhi Kebutuhan Keluarga

“Semoga rencana pembangunan Kantor Puskeswan di Nagari Pasir Binjai, Kecamatan Silaut itu dapat terealisasi tahun 2022 mendatang. Karena, keberadaan Kantor Puskeswan itu sudah lama menjadi harapan masyarakat dalam rangka mendukung pengembangan usaha peternakan,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler