Pemerintah Nagari Pandai Sikek Tutup Jalur Pendakian Gunung Singgalang, Ini Alasannya

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemerintah Nagari Pandai Sikek menutup jalur pendakian Gunung Singgalang selama sebulan.

Batusangkar, Padangkita.com – Melalui Peraturan Nagari (Pernag) Pemerintah Nagari Pandai Sikek, Kecamatan X Koto, Tanah Datar menutup jalur pendakian Gunung Singgalang selama satu bulan, terhitung mulai 28 Maret sampai 3 Juni 2021.

Petugas Posko Gunung Singgalang Bidang Pelayanan, Dasrial mengatakan, penutupan jalur pendakian dari daerah itu telah diumumkan secara terbuka melalui surat resmi dengan Nomor: 556.2/24/UMUM/2021 yang diterbitkan 9 Maret 2020.

Pengumuman penutupan jalur pendakian Gunung Singgalang dari Nagari Pandai Sikek. [Foto: Ist]
“Kami tutup dulu sementara, menjelang bulan puasa sampai hari raya, setelah itu kami buka kembali seperti biasa,” ujar Dasrial saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Kamis (11/3/2021).

Dijelaskan Dasrial, penutupan ini bertujuan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadan. Dengan ditutupnya jalur pendakian agar pelaksanaan ibadah selama bulan ramadan ini berjalan khidmat.

“Kalau kami buka saat bulan puasa, jika ada insiden di atas, kami harus evakuasi, mau tidak mau puasa kami akan dikorbankan untuk mengevakuasi pendaki tersebut,” ungkap Dasrial.

Lalu, Dasrial berpendapat, para pendaki yang mendaki saat bulan ramadan, tuturnya banyak yang tidak puasa.

“Selain itu, saat mendaki pada bulan ramadan ini, para pendaki pasti banyak yang tidak puasa, karena menempuh medan yang cukup berat. Makanya, mempertimbangkan hal itu kita tutup dulu sementara waktu,” jelasnya.

Dasrial menyebutkan, soal peraturan penutupan jalur pendakian selama ramadan itu sudah ada sejak dahulu. Namun, baru direalisasikan sepenuhnya tahun ini.

“Sebelumnya kami tutup juga, tapi kadang-kadang karena mereka sudah datang dari jauh, terpaksa kami izinkan juga naik,” imbuhnya.

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Singgalang Lewat Pandai Sikek Ditutup Sementara

Dasrial berharap, para pendaki dan calon pengunjung Gunung Singgalang dapat memahami penutupan ini dan bersabar untuk menunggu jalur dibuka kembali pada 3 Juni 2021. [zfk]


Baca berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist