Pemerintah dan Masyarakat Padang Bangun Masjid di Sulawesi Barat, Diberi Nama Masjid Minang Dermawan

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemko Padang dan ACT Sumbar menyalurkan donasi untuk pembangunan masjid di Sulawesi Barat (Sulbar).

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Barat (Sumbar) menyalurkan donasi untuk pembangunan masjid di Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan sebesar Rp375 juta digunakan untuk membangun masjid bernama Minang Dermawan, pasca-gempa bumi magnitudo 6,2.

Bantuan tersebut nantinya akan digabungkan bersama donasi yang terkumpul dari kabupaten dan kota se-Sumatra Barat (Sumbar) dan akan disalurkan melalui Kapal Kemanusiaan ACT menuju Sulbar.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan bantuan ini diberikan sebagai wujud kepedulian dan kebersamaan antara sesama rakyat Indonesia.

“Apalagi juga banyak saudara-saudara kita perantau Minang tinggal di sana,” katanya, Senin (19/4/2021).

Hendri mengatakan, bantuan kali ini merupakan tahap kedua. Pada tahap pertama sebelumnya diwujudkan dalam bentuk program Kapal Kemanusiaan Minang Dermawan (KKMD) untuk Sulbar yang diinisiasi oleh ACT Sumbar bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan seluruh Pemerintah Kota dan Kabupaten se-Sumbar.

“ACT Sumbar telah memberikan bantuan tahap pertama dari masyarakat Sumbar dalam bentuk paket pangan dan logistik untuk penyintas bencana di Sulbar melalui KKMD sebanyak empat kontainer atau 70 ton paket pangan dan logistik. Bantuan dilepas di Pelabuhan Teluk Bayur waktu itu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Sumbar, Zeng Welf mengatakan, bantuan tahap kedua dari masyarakat se-Sumbar tersebut akan diimplementasikan dalam bentuk pembangunan masjid yang rusak berat akibat gempa.

“Masjid tersebut akan diberi nama Masjid Minang Dermawan, sebagai wujud kebanggaan kami terhadap masyarakat Minangkabau yang sangat dermawan terhadap kepedulian sosial,” katanya.

Baca juga: Kapal Kemanusiaan ACT Sumbar Bawa Bantuan 55 Ton Beras dan 800 Paket Rendang untuk Korban Gempa di Sulbar

Selan Pemko Padang, kata Zeng, juga banyak pihak yang membantu korban penyintas bencana. Sejumlah komunitas, organisasi yang ada di Kota Padang turut menggalang bantuan. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler