Pembebasan Lahan 84,65 Persen, PUPR Perintahkan Lanjutkan Jalan Tol Padang-Sicincin

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengeluarkan surat perintah kelanjutan pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin.

Surat dengan nomor agenda 4579/EM/22 kepada Sekjen PUPR, Dirjen Bina Marga dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) itu berisi instruksi untuk memerintahkan PT. Hutama Karya (Persero) melanjutkan pekerjaan pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumbar, Medi Iswandi menyebutkan, surat perintah Menteri PUPR tersebut berawal dari pertemuan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada 12 Oktober lalu.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. [Foto: Diskominfotik Sumbar]

Pada kesempatan itu, Mahyeldi melaporkan progres fasilitasi pembebasan lahan Tol Padang-Sicicin yang sudah mencapai 81,16 persen.

“Menteri PUPR merespons baik informasi yang disampaikan Gubernur Sumbar, dan meminta gubernur menyurati agar pembangunan dapat dilanjutkan,” ujar Medi.

Pada hari yang sama, Mahyeldi bersama kepala Bappeda dan Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tara Ruang (BMCKTR) Sumbar Era Sukma, langsung menyiapkan surat kepada menteri. Surat bernomor 050/588/infraswil/bappeda-2025 tanggal 12 oktober 2022 perihal lanjutan pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Padang-Sicicin langsung diantar kepada menteri PUPR.

“Alhamdulillah menteri langsung merespons cepat surat Gubernur Sumbar tersebut. Besok harinya, tanggal 13 Oktober 2022 langsung didisposisi dengan nomor agenda 4579/EM/22 kepada Sekjen PUPR, Dirjen Bina Marga dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) untuk memerintahkan PT. Hutama Karya melanjutkan pelaksanaan pekerjaan pembangunan,” ungkap Medi.

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) kata dia, akan berupaya maksimal memfasilitasi pembebasan lahan untuk tol ini dan ditargetkan fasilitasi pembebasan lahan dapat diselesaikan pada bulan Desember 2022 ini.

“Kondisi sampai tanggal 25 Oktober 2022 sudah mencapai 84,65 persen,” pungkas Medi.

Jalan Tol Padang-Sicincin sepanjang 36 km merupakan salah satu seksi dari Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang memiliki panjang total 254 km. Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang terdiri dari 5 seksi merupakan bagian sirip atau feeder dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang membentang dari Lampung hingga Aceh.

Dari 6 seksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru, satu seksi yakni Pekanbaru-Bangkinang telah selesai dan dioperasikan mulai besok (27/10/2022). Sementara dua seksi lagi, yakni Padang-Sicincin dan Bangkinang-Pangkalan telah menjadi prioritas pemerintah untuk segera dituntaskan.

Baca juga: Gara-gara Pembebasan Lahan, Target Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin Molor ke 2024

Tiga seksi lagi, yakni Sicincin-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, Payakumbuh-Pangkalan, masih dalam tahap persiapan pembangunan. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

 

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist