Pelantikan Bupati Terpilih Belum Pasti, Sekda Irwandi Pimpin Tanah Datar untuk Sementara Waktu

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sekda Irwandi resmi menjabat sebagai Plh Bupati Tanah Datar.

Batusangkar, Padangkita.com – Seiring berakhirnya jabatan Bupati Kabupaten Tanah Datar periode 2016-2021 pada Selasa (16/2/2021) dan menunggu keputusan untuk pelantikan bupati terpilih, Sekretaris Daerah (Sekda) Irwandi ambil alih jabatan bupati untuk sementara waktu. Ia ditugaskan sebagai Pelaksana Harian (Plh).

Serah terima jabatan bupati ke Plh dilaksanakan hari ini, Rabu (17/2/2021) di Gedung Nasional.

Penunjukan Sekda Irwan sebagai Plh tersebut sudah sesuai dengan radiogram yang dikirimkan Plh. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) dengan nomor T.120/86/PEM-2021 tanggal 15 Februari 2021 dan juga sesuai dengan peratusan perundang-undangan.

Dalam rangkaian acara pelantikan itu, Sekda Irwandi mengucapkan terima kasih kepada Almarhum Irdinansyah Tarmizi dan Zuldafri Darma atas pengabdian dan telah membangun Tanah Datar selama menjabat.

“Atas capaian prestasi tingkat nasional maupun provinsi yang diraih yang telah membawa harum nama Tanah Datar akan menjadi semangat dan motivasi bagi aparatur untuk bekerja lebih baik di masa yang akan datang,” ujar Irwandi, Rabu (17/2/2021).

Lalu, Irwandi juga meminta dukungan dan kerjasama Forkopimda, ASN, insan pers dan seluruh masyarakat Tanah Datar dalam melaksanakan tugasnya sebagai Plh.

“Menunggu bupati terpilih dilantik, pemerintah daerah akan tetap menjalankan program dan kegiatan yang telah dirancang sesuai aturan yang berlaku, belum dilantiknya bupati dan wakil bupati terpilih bukan berarti menghambat dan menghentikan roda pemerintahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Mantan Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerjasama Forkopimda, ASN, perantau dan seluruh pihak selama ia menjabat.

“Sesuai visi misi yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021, telah ditetapkan 4 prioritas pembangunan yakni, peningkatan kualitas SDM, peningkatan sektor pertanian, peningkatan sektor pariwisata dan peningkatan pelayanan publik,” ujar Zuldafri.

Untuk peningkatan SDM, kata Zuldafri, di akhir masa jabatannya IAIN Batusangkar akan jadi UIN. Lalu, akademi komunitas Tanah Datar juga meningkat statusnya dan rumah tahfiz sudah mencapai 213 unit.

Menurut Zuldafri, selama ia menjabat, sudah banyak penghargaan yang diterima. “Berbagai prestasi utama yang mencapai hampir 150, seperti Piala Adipura, Piala Wahana Tata Nugraha, WTP, Penghargaan Pembangunan Daerah, penghargaan untuk RSUD MA Hanafiah Batusangkar. Ini adalah buah dari kerja keras semua pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Tanah Datar,” jelasnya.

Baca juga: Besok Masa Jabatan Berakhir, Bupati Tanah Datar Zuldafri Minta Semua ASN Dukung Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Zuldafri juga mengajak agar mendukung bupati dan wakil bupati terpilih. “Secara pemerintah daerah dan pribadi, saya berharap pelantikan bupati dan wakil bupati Tanah Datar terpilih sesuai jadwal, namun sesuai arahan pusat belum bisa dilaksanakan,” katanya. [zfk]


Baca berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist