Pedagang Pasar Baso yang Terdampak Kebakaran Disediakan Lapak Sementara

Penulis: Fuadi Zikri

Lubuk Basung, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Agam melalui kecamatan dan nagari menyediakan lapak sementara bagi para pedagang yang terdampak kebakaran yang menghanguskan 24 kios di Pasar Baso, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Selasa (14/9/2021) dini hari.

Camat Baso, Fauzi mengatakan, saat ini ia telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk menyediakan lapak sementara bagi pedagang yang terdampak kebakaran.

“Sudah kami sediakan lapak sementara untuk pedagang tersebut, lokasinya tidak jauh dari lokasi kebakaran,” ujar Fauzi dihubungi Padangkita.com, Selasa pagi.

Fauzi menyebutkan, kios yang terbakar tersebut masuk ke dalam kawasan pasar rakyat atau pasar nagari. Dari hasil pendataan pihaknya, ada sekitar 18 kepala keluarga (KK) yang menghuni 24 kios yang terbakar itu.

“Semua kios terisi, cuma ada satu KK atau pedagang yang mengambil dua kios sekaligus,” ucapnya.

Tidak hanya penyediaan lapak sementara, lanjut dia, juga akan ada bantuan bagi para pedagang yang terdampak dari pemerintah, maupun pihak lainnya. Bantuan itu akan segera disalurkan.

“Nanti masing-masing pedagang juga akan dapat bantuan,” sebutnya.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Sebanyak 24 kios ludes dilalap si jago merah. Petugas pemadam kebakaran baru dapat memadamkan api dua jam setelah itu dengan mengerahkan 7 armada pemadam.

Baca juga: Kebakaran di Pasar Baso Agam, Api Pertama Muncul Diduga dari Kedai Lontong

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar lebih. [mfz/pkt]

Terpopuler