Paskibraka Sumbar 2022 Dikukuhkan, Pembawa Baki Dwi Intan Febrianti dari SMAN 1 Payakumbuh

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansahrullah mengukuhkan 54 pelajar SMA/SMK menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumbar 2022, di Auditorium Gubernuran, Senin (15/8/2022) malam.

“Saya berbangga hati, atas kebahagiaan Ananda semua telah terpilih dari sekian ribu bahkan mungkin ratusan ribu siswa SMA/SMK di Sumbar. Semua kelelahan proses seleksi yang dilalui sangat penting artinya bagi Ananda semua yang mengisi kepemimpinan di masa depan nantinya,” ujar Mahyeldi kepada para pelajar yang dikukuhkan.

Mahyeldi menyampaikan arti penting Merah Putih yang penuh dengan nilai kepahlawanan bangsa, diperoleh dan dipertahankan dengan jiwa dan raga. Melalui lintasan sejarah itu, Mahyeldi mengharapkan dapat memompa semangat para Paskibraka.

“Perlu diingat lintasan sejarah masa lalu, sangat penting sebagai penyemangat, terutama sebagai paskibraka. Inti sukses atau tidaknya upacara terletak pada Paskibraka. Saya berharap tidak ada yang menganggap ringan tugas ini, laksanakan dengan penuh semangat dan tanggung jawab yang tinggi,” harap Mahyeldi.

Prosesi pengukuhan Paskibraka Sumbar diawali dengan pengucapan ikrar oleh seluruh Paskibraka dilanjutkan dengan masing-masing Paskibraka mencium bendera Merah Putih sebagai bentuk rasa cinta kepada bangsa Indonesia. Kemudian, Gubernur Mahyeldi selaku pembina upacara memasangkan kendip atau sabuk berwarna hijau bertuliskan Pancasila.

Sebanyak 54 orang Paskibraka yang dikukuhkan, terdiri dari dua regu, yakni Regu Garuda Merah dan Regu Garuda Putih, yang akan menaikkan bendera di pagi hari dan penurunan bendera sore hari.

Usai pengukuhan, diumumkan regu yang akan bertugas pada upacara pengibaran atau penaikan bendera 17 Agustus adalah Tim Garuda Merah dengan pembawa baki bernama Dwi Intan Febrianti dari SMAN 1 Payakumbuh.

Baca juga: Ini 2 Pelajar Utusan Sumbar yang Jadi Paskibraka di Istana Negara

Hadir dalam pengukuhan ini, Forkopimda Sumbar, para kepala OPD, para pembina dan pelatih Paskibraka Sumbar dan para orang tua para pelajar anggota Paskibraka. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist