Pasien Positif Covid-19 di Pasaman Barat Kembali Bertambah 12 Orang

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Simpang Empat, Padangkita.com – Angka kasus positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di Pasaman Barat (Pasbar) kembali melonjak. Hari ini, Rabu (25/11/2020) dilaporkan sebanyak 12 orang di daerah itu positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pasbar, Gina Alecia menyebutkan, penambahan 12 kasus positif Covid-19 itu berdasarkan hasil beberapa kali pengambilan sampel di sejumlah tempat.

Pertama, kata Gina, yaitu hasil dari pemeriksaan sampel yang dilaksanakan di Air Bangis, 23 November 2020. “Informasi dari Laboratorium Unand Nomor 1845/11/PDRPI-FK/2020 tanggal 25 November 2020 ditemukan sebanyak empat kasus positif Covid-19,” ujarnya.

Empat kasus positif tersebut, yaitu:

  • Seorang perempuan berinisial RZZ, umur 8 tahun, warga Jorong Pasar Dua Suak, Kecamatan Sungai Beremas, ia merupakan orang yang kontak erat dengan kasus konfirmasi sebelumnya.
  • Laki-laki berinisial BN, 57 tahun warga Jorong Teluk Embun, Kecamatan Lembah Melintang, ia merupakan orang yang kontak erat dengan kasus konfirmasi sebelumnya.
  • Perempuan inisial RR, 54 tahun warga Jorong Bungo Tanjung, Kecamatan Sungai Beremas, ia merupakan orang yang kontak erat dengan kasus konfirmasi sebelumnya.
  • Perempuan inisial S, 51 tahun, warga Pasar Pokan, Kecamatan Sungai Beremas, ia merupakan pasien suspek Covid-19.

Lalu, juga ada satu kasus positif Covid-19 yang juga merupakan pasien suspek Covid-19, yaitu seorang laki-laki inisial SD, 53 tahun, ia merupakan pasien suspek yang dirawat di Rumah Sakit Ahmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi.

“Pasien itu adalah warga Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang yang saat ini telah dirawat di RSAM Bukittinggi,” ujar Gina kepada awak media di Simpang Empat, Rabu (25/11/2020).

Kemudian, juga ditemukan satu kasus positif Covid-19 berdasarkan hasil pengambilan swab di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

“Sorang laki-laki inisial TW, 57 tahun, warga Jorong Kampung Cubadak, Kecamatan Pasaman, ia merupakan pelaku perjalanan,” ucap Gina.

Selanjutnya, juga ditemukan sebanyak enam kasus positif Covid-19 yang merupakan hasil pemeriksaan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat pada tangal 23-24 November 2020, berikut rinciannya:

  • Perempuan inisial DS, 41 tahun warga Jorong Simpang Empat, Kecamatan Pasaman dan merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.
  • Perempuan inisial Y, 26 tahun warga Jorong Batang Lingkin, Kecamatan Pasaman dan merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.
  • Laki-laki inisial DAM, 6 tahun warga Jorong Pinaga, Kecamatan Pasaman juga merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.
  • Perempuan inisial OY, 37 tahun warga Jorong Ophir, Kecamatan Luhak Nan Duo, merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.
  • Perempuan inisial CDM, 1 tahun warga Jorong Kapar Utara, Kecamatan Luhak Nan Duo, merupakan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif sebelumnya.
  • Perempuan inisial ZL, 63 tahun warga Jorong Kuamang Alai, Kecamatan Lembah Melintang yang merupakan pasien suspek yang sedang dirawat di RSUD Pasaman Barat.

Sebanyak 10 dari 12 pasien positif Covid-19 yang ditemukan di Pasbar hari ini, jelas Gina, sudah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUD Pasbar dan Rumah Sakit Islam (RSI) Ibnu Sina Simpang Empat.

“Untuk 10 pasien ini rencannya diisolasi di RSUD, RSI Ibnu Sina dan UPT Diklat BKPSDM Talu,” papar Gina.

Gina menegaskan, terkait temuak kasus positif Covid-19 baru itu, pihaknya sudah mulai melakukan tracing dan tracking sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Pasbar.

“Mari kita saling bekerjasama dalam menghambat laju penularan Covid-19 ini dengan selalu bersikap kooperatif dan tenang serta mohon dukungan seluruh masyarakat untuk selalu bahu-membahu membasmi penyebaran Covid-19 di Bumi Mekar Tuah Basamo ini,” imbaunya.

Baca juga: Peringati Hari Guru Nasional, Kadisdikbud Pasaman Barat Berikan Bunga untuk Para Guru

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang wajib dilakukan antara lain dengan rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker, menjaga jarak serta menjauhi kerumunan.

“Hingga hari ini total pasien kita yang telah dinyatakan sembuh ada 193 orang, meninggal dunia 15 orang dan sedang diisolasi sebanyak 84 orang,” katanya. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist