Pasien Isolasi Mandiri di Pessel Diminta Patuhi Ketat Pedoman Prokes Covid-19

Penulis: Ramono Aryo

Berita Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru: Pasien yang menjalani isolasi mandiri di Pessel diminta untuk mematuhi pedoman dan aturan mengenai protokol kesehatan Covid-19

Painan, Padangkita.com – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pesisir Selatan (Pessel) Rinaldi mengatakan penambahan kasus baru Covid-19 di Pessel tidak serta merta meningkatkan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit.

Berdasarkan data covid-19.pesisirselatankab, hingga saat ini jumlah warga terkonfirmasi Covid-19 di Pessel mencapai 292. Ada pun rinciannya adalah 196 dirawat dan diisolasi, 9 meninggal dunia dan 87 diantaranya sudah sembuh.

Baca Juga

Ia menjelaskan sebagian besar kasus Covid-19 di Pessel adalah orang-orang yang dengan gejala minimal, tidak merasakan sakit sehingga tidak ada indikasi untuk di isolasi di rumah sakit.

“Sebagian besar pasien Covid-19 dengan gejala ringan, melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” kata Rinaldi, Minggu, (4/10/2020).

Bagi pasien yang melakukan isolasi mandiri diminta untuk mematuhi secara ketat aturan tentang pedoman pelaksanaan isolasi mandiri di rumah.

Rinaldi juga menyatakan gambaran penambahan kasus baru yang terjadi menandakan sebagian besar masyarakat masih rentan tertular virus corona karena tidak disiplin menggunakan masker dengan benar.

Baca Juga: Pemkab Pessel Terapkan 3T Tekan Penyebaran Covid-19

“Jadi kami meminta masyarakat untuk lebih sadar dan disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid 19 agar kasus baru dapat dikendalikan,” harapnya.

Selain itu, Pemkab Pessel juga meminta masyarakat untuk membiasakan menerapkan pola hidup 3M yakni memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Langkah tersebut dinilai efektif untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan masyarakat. [abe]


Baca berita Pesisir Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler