Pasien Covid-19 Meninggal Bertambah 4 Orang di Sumbar, Rekor Terbanyak Kasus Meninggal Harian

Penulis: MF Zikri

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Gugus Tugas Covid-19 Sumbar melaporkan tambahan pasien Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak empat orang

Padang, Padangkita.com – Gugus Tugas Covid-19 Sumatra Barat (Sumbar) melaporkan tambahan pasien Covid-19 yang meninggal dunia, sebanyak empat orang, Sabtu (12/9/2020). Jumlah empat orang ini jadi rekor terbanyak, pasien Covid-19 yang meninggal dalam sehari di Sumbar.

Dengan tambahan empat orang meninggal ini, total pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Sumbar menjadi 67 orang atau 2,05 persen dari total kasus positif. Sementara itu, kasus positif hari ini bertambah 101 orang, sehingga secara kumulatif menjadi 3.261 orang. Pasien yang sembuh dari Covid-19 bertambah lima orang, sehingga totalnya menjadi 1.740 orang atau 53,36 persen.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal menyebutkan dua orang dari Kabupaten Tanah Datar, satu orang dari Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dan satu orang Kabupaten Agam.

Dua pasien Covid-19 yang meninggal dari Tanah Datar adalah, pertama, pria, 53 tahun, warga Tanjuang Ameh, pedagang, diduga terpapar virus Corona dari pekerjaan dan sebelumnya sempat melakukan perjalanan dari Pesisir Selatan (Pessel). Pasien ini sebelumnya dirawat di RSUP M. Djamil, Padang.

Kedua, wanita, 36 tahun, warga Batipuah, wiraswasta, terpapar Covid-19 karena pernah kontak dengan kasus konfirmasi, sebelumnta dirawat di RSUD Padang Panjang.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Harian di Sumbar Naik Lagi di Atas 100 Orang, dari BIM Ditemukan 15 Orang

Pasien meninggal dari Pasbar adalag pria, 67 tahun, warga Aua Kuniang, petani, diduga terpapar dari pekerjaan, sebelumnta dirawat di RSUD Pasbar. Berikutnya dari Agam, adalah pria, 79 tahun, warga Tilatang Kamang, petani, diduga terpapar dari pekerjaan, dirawat di RS. Stroke Bukittinggi.

Sementara itu, tambahan kasus positif Covid-19 hari ini berasal dari 11 daerah, paling banyak dari Kota Padang 64 orang, menyusul Kota Bukittinggi 10 orang, dan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) 6 orang.

Berikutnya dari Kabupaten Agam 5 orang, Kabuapten Sijunjung 4 orang, Kabupaten Dharmasraya 3 orang, Kabupaten Solok 3 orang, Kabupaten Tanah Datar 3 orang, Kabupaten Pasbar 1 orang, Kota Pariaman 1 orang, dan Kabupaten Padang Pariaman 1 orang.

Tambahan kasus positif dan pasien sembuh hari ini berdasarkan pemeriksaan 2.926 sampel spesimen oleh iim Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), Padang dan Laboratorium Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, Agam.

Total kasus suspek di Sumbar tercatat sebanyak 271 orang, dirawat sebanyak 51 orang, dan isolasi mandiri sebanyak 220 orang. [*/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com