Pasar Pabukoan di Padang Tahun Ini Ditiadakan

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemerintah Kota Padang menyatakan bahwa Pasar Pabukoan tahun ini kembali ditiadakan

Padang, Padangkita.com – Pemerintah Kota Padang menyatakan bahwa Pasar Pabukoan Ramadan tahun ini kembali ditiadakan. Selain Pasar Pabukoan, operasi pasar juga tidak akan digelar karena pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Kota Padang, Andree Algamar beralasan, saat ini status Kota Padang masih berada di zona oranye penyebaran virus Covid-19. Jika tetap dipaksakan, maka dikhawatirkan akan timbul klaster baru.

“Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran penularan itu, sebisa mungkin kami minimalisir agar tak terbentuk klaster baru,” kata Andree saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Jumat (9/4/2021).

Namun demikian, kata mantan Kepala Satpol PP Kota Padang tersebut, pihaknya tidak melarang masyarakat umum yang menggelar Pasar Pabukoan secara swadaya.

“Silahkan saja, asal memenuhi protokol kesehatan (prokes) yang telah ditetapkan, namun jika kedapatan melanggar, pasti kami tindak, nanti di minggu pertama Ramadan kami juga rencanakan akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lapangan bersama instansi terkait,” ujarnya.

Selain tak menggelar Pasar Takjil, pihaknya juga tidak melakukan Operasi Pasar pada bulan Ramadan tahun 2021 ini. Pasalnya, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) sudah melaksanakan bazar.

“Mudah-mudahan bisa mengimbangi harga bahan pokok (bapok) yang melonjak, sementara masih aman kok,” katanya.

Dari data yang diterima Padangkita.com dari Disdag Kota Padang, harga sejumlah kebutuhan bapok relatif masih normal, kendati demikian, masih terdapat kenaikan di sejumlah item.

Cabai hijau Rp20 ribu per kilogram, cabai Jawa, Rp46 ribu per kilogram, cabai lokal Rp40 ribu per kilogram, cabai rawit Rp28 ribu per kilogram. Bawang merah di kisaran Rp26-28 ribu per kilogram, bawang putih Rp24 ribu per kilogram.

Tomat Rp6 ribu, kentang Rp10 ribu per kilogram. Sementara daging sapi masih bertahan di nominal Rp120 ribu per kilogram.

Kenaikan terjadi pada ayam potong mengalami kenaikan dari Rp3 ribu hingga Rp4 ribu dari tarif normal Rp25-26 ribu naik menjadi Rp30 ribu per potong.

Baca Juga: Seorang Pencopet Ditembak Polisi Saat Ditangkap di Gurun Laweh Padang

“Telur juga mengalami kenaikan, ayam ras itu biasanya Rp32 ribu, sekarang bisa Rp38 ribu, ada juga yang menjual Rp40 ribu per karpet itu,” imbuhnya. [abe]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist