Pantai Carocok Painan Makin Ramai Dikunjungi, Masjid Terapung Jadi Daya Tarik Baru

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Redaksi

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Masjid terapung Pesisir Selatan ramai dikunjungi wisatawan

Painan, Padangkita.com–  Jumlah kunjungan wisatawan di Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan (Pessel) membeludak, Minggu (21/3/2021). Sejak ada masjid terapung, objek wisata ini mermang selalu ramai dikunjungi.

Saat Padangkita.com berkunjung ke objek wisata itu, Minggu (21/3/2021) siang, puluhan bus pariwisata nampak terparkir di sekitar kawasan objek wisata tersebut. Selain itu, juga ada puluhan minibus dan ratusan sepeda motor.

Saking ramai, puluhan kendaraan pengunjung terpaksa parkir di luar tempat parkir yang telah disediakan. Seperti di jalan, depan warung milik warga hingga lahan dan perkebunan warga.

Sementara itu, beberapa tempat vital objek wisata tersebut terlihat dikerumuni pengunjung, seperti tugu bertuliskan Pantai Carocok, jembatan di atas laut, hingga masjid terapung yang baru saja diresmikan.

Tak hanya berswafoto untuk mengabadikan momen, beberapa pengunjung dewasa terlihat bersantai sembari menunggu anaknya yang bermain wahana motor mini, hoverboard, skuter listrik, hingga sepatu roda.

Para pengunjung juga terlihat menikmati berbagai jajanan yang dijual di gerobak-gerobak yang berjejer rapi di tempat yang telah disediakan. Saat azan berkumandang, para pengunjung memadati Masjid Terapung Samudera Ilahi.

Tak hanya itu, beberapa perahu juga terlihat lalu-lalang di perairan objek wisata tersebut. Perahu itu mengangkut para wisatawan yang hendak menyeberang ke Pulau Cingkuak.

Diketahui, tiket penyeberangan ke pulau ini berkisar Rp25.000 hingga Rp30.000 per orang untuk pulang pergi. Di sana, para pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang luas.

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana air seperti jetski, banana boat, snorkeling, atau hanya sekeladar berenang di pantai. Di sana juga terdapat peninggalan bersejarah, yaitu sisa peninggalan benteng Portugis.

Beberapa orang pengunjung juga terlihat mengunjungi beberapa kios baju dan kios oleh-oleh lainnya yang menjual berbagai macam barang yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung.

Salah seorang pengunjung, Yani, 32 tahun yang ditemui Padangkita.com mengatakan, ia bersama keluarganya mengunjungi Pantai Carocok hanya sekadar menghabiskan waktu libur akhir pekan.

Warga Inderapura, Pesisir Selatan itu mengatakan, ia memilih Pantai Carocok untuk dikunjungi karena banyak wahana anak-anak. Selain itu, dia juga penasaran dengan masjid terapung.

“Kalau ke Pantai Carocok sudah cukup sering, tapi kalau mengunjungi masjid terapung ini baru pertama kali. Terakhir saya kesini pas liburan anak-anak, dan masjidnya saat itu masih pembangunan,” kata Yani kepada Padangkita.com.

Sementara itu, pengunjung lainnya, Adi, 19 tahun mengaku sangat betah berlama-lama di Pantai Carocok. Menurutnya, selain keindahannya, objek wisata tersebut banyak wahana yang dapat ia nikmati bersama teman-temannya.

“Saya ke sini bareng teman. Baru pertama kali juga ke sini. Tempatnya bagus, indah, Apalagi tadi pas main di pulau, enggak mau pulang,” kata warga Padang itu sembari tertawa.

Namun sangat disayangkan, karena beberapa oknum memanfaatkan momen tersebut, mereka meminta biaya parkir kepada pengunjung dengan tarif yang tinggi. Bahkan mencapai dua kali lipat.

Hal itu dialami oleh Adi. Dia mengaku dimintai parkir motor Rp5.000 oleh oknum tersebut saat ia parkir di tempat parkir yang disediakan.

Baca juga: Aliansi Mahasiswa Pesisir Selatan Desak Kejaksaan Negeri Painan Eksekusi Rusma Yul Anwar

“Parkirnya mahal, saya tadi diminta Rp5.000, tapi tidak tahu juga apakah memang segitu atau tidak. Yang saya tahu, biasanya parkir motor kan cuma Rp2.000, paling mahal Rp3.000,” keluhnya. [pkt]

Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist