Panjat Tebing Sumbar Gagal Sumbang Medali di Nomor Lead Tim Putra

Penulis: Fuadi Zikri

Mimika, Padangkita.com – Tim panjat tebing Sumatra Barat (Sumbar) gagal menyumbangkan medali pada PON XX Papua 2021.

Bertanding pada babak final nomor lead tim putra, Kamis (30/9/2021) pagi di Arena Panjat Tebing SP2 Mimika, tim Sumbar yang diperkuat Rizki Yusuf, Andriko dan Irsyaddul Halim harus puas berada di peringkat lima dari enam tim yang bertanding pada nomor tersebut, dengan membukukan poin 6.42.

Medali emas pada nomor itu direbut oleh tim Jawa Timur, medali perak untuk tim Jawa Tengah dan perunggu diraih oleh tim Jawa Barat.

Pelatih tim panjat tebing Sumbar, Gontam Jaya Monang usai pertandingan mengatakan, meski belum meraih medali pada nomor tersebut namun pencapaian dari tiga pemanjat tersebut layak diapresiasi.

“Kami rasa ini hasil terbaik. Persiapan tim ini hanya tiga bulan dan anak-anak sudah melakukan kemampuan terbaiknya,” katanya.

Ia mengakui, lead tim putra bukan nomor unggulan Sumbar pada PON XX untuk bisa menyumbangkan medali. Selain diikuti tim-tim terkuat dari Pulau Jawa, persiapan Sumbar di lead tim putra relatif minim.

“Untuk medali kami menargetkan ada pada tiga nomor, combined putra, lead mix dan boulder putri,” ujarnya.

Nomor lead tim putra merupakan nomor kedua tim panjat tebing Sumbar yang bertanding di babak final. Sebelumnya tim speed classic mix juga gagal menyumbangkan medali di babak final.

Baca juga: Bonus Raih Medali Emas PON Papua, Gubernur: Lebih Besar dari Sebelumnya

Selain final nomor lead tim putra, tim panjat tebing Sumbar hari ini juga mengikuti babak kualifikasi lead tim putri yang akan berlangsung pada pukul 13.00 WIT. [*/pkt]

Terpopuler