Olivia Zalianty Suarakan Tolak Perundungan Siber Di Kabupaten Agam

Penulis: Redaksi

Agam, Padangkita.com — Sebuah webinar yang membahas tentang bekal melawan kejahatan dan perundungan siber menghadirkan aktris papan atas tanah air, Olivia Zalianty. Pemain film drama series Ada Apa Dengan Cinta itu hadir secara virtual di Kabupaten Agam, Sabtu (28/8/2021).

Lama tidak muncul di layar kaca, Olivia Zalianty menyapa Rang Agam ditemani sederet narasumber antara lain Deky R Suwarna dari Research & Development GK Invest, Aldin Aldama mewakili Dosen Luar Biasa Fikom Unisba, kemudian Zulfikar selaku Kepala SMK Negeri 1 Kamang Magek, dan Afrinaldi, Ketua LPPM IAIN Bukittinggi.

Kata Olivia pada webinar itu, cyberbullying (perundungan siber) kini kerap menyasar pengguna media sosial (medsos). Tujuannya untuk intimidasi, menakuti, membuat marah, atau mempermalukan korban di medsos.

Baca juga: Guntur Simbolon, Musisi Tanah Air Bicara Kreativitas di Internet

Pelaku ini, kata Olivia, biasanya menebarkan komentar kebencian dan nada negatif kepada korban atau sekelompok orang di medsos.

“Cara yang tepat untuk menyikapi cyberbullying, jangan balas dan tulis komentar yang sama negatif, jangan menganggap komentar negatif dan kebencian terlalu serius. Ada juga loh dampak yang ditimbulkan dari cyberbullying, dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan psikologis seseorang,” katanya.

Bahaya perundungan siber itu, jelas Olivia, bisa membuat korban memisahkan diri dari lingkungan, enggan percaya kepada orang lain, dan cenderung bersikap lebih agresif dan radikal.

“Solusi  untuk mengatasi cyberbullying ialah pemulihan kesehatan mental melalui konseling dan psikoterapi bagi korban yang trauma, menghimpun dukungan sosial dari orang terdekat seperti orang tua atau sahabat dan lainnya,” pungkasnya. [*/pkt]

Terpopuler