Objek Wisata Air Terjun Lubuk Hitam di Bungus Kota Padang Dibuka Setelah PPKM

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com — Pemerintah Kota (Pemko) Padang berencana akan membuka kembali objek wisata air terjun Lubuk Hitam yang berada di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus.

Sebelumnya, objek wisata ini ditutup setelah adanya air bah yang memakan korban jiwa tiga orang mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP), yang berwisata pada 26 Maret 2021 lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian menyebutkan, objek wisata alam tersebut rencananya akan diizinkan kembali untuk dibuka setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 berakhir pada 23 Agustus mendatang.

“PPKM kan berakhir tanggal 23 Agustus ini dan mudah-mudahan tidak diperpanjang lagi. Terkait pembukaan ini nanti kami komunikasikan dengan pengelolanya,” ujar Arfian kepada Padangkita.com, Jumat (20/8/2021).

Menurut Arfian, air terjun Lubuk Hitam merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat berpotensi untuk dikembangkan di kawasan Timur Kota Padang selain objek wisata pantai.

“Kami sudah survei, ini sangat potensial, dan kami sudah buatkan semacam laporan yang nanti akan kami presentasikan di hadapan Wali Kota Padang dan SKPD terkait bagaimana wisata bagian timur Kota Padang bisa kami kembangkan,” ujar Arfian.

Meski begitu, Arfian menegaskan, pihak pengelola objek wisata tersebut agar lebih memperhatikan keselamatan para pengunjung agar insiden kelam yang pernah terjadi tidak terulang lagi.

“Tidak hanya dengan pengelola, dengan SKPD terkait seperti BPBD dan Basarnas juga perlu dilibatkan bagaimana nantinya agar objek wisata ini tidak lagi makan korban,” jelas Arfian.

Sebab, kata Arfian, BPBD dan Basarnas yang tahu persis dengan teknis keselamatan, sehingga bisa memberikan saran dan masukan, apa yang perlu disiapkan.

“Nanti kami bisa sampaikan ke pengelola untuk bisa menyiapkan aturan keselamatan itu,” ulasnya.

Baca juga: Pemko Padang Terkendala Anggaran Kembangkan Kawasan Objek Wisata Lubuk Hitam Bungus

Arfian menambahakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat terkait pemberian izin dibukanya kembali objek wisata air terjun Lubuk Hitam tersebut. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist