Pemko Padang Terkendala Anggaran Kembangkan Kawasan Objek Wisata Lubuk Hitam Bungus

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemko Padang mengaku kesulitan dalam mengembangkan objek wisata di kawasan timur Kota Padang.

Padang,Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengaku mengalami kesulitan dalam mengembangkan objek wisata di kawasan timur Kota Padang, salah satunya Lubuk Hitam di Kecamatan Bungus.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Padang, Arfian mengatakan, pengembangan objek wisata di kawasan timur merupakan salah satu program unggulan (progul) dari Pemko Padang.

“Itu sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan dibahas dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kecamatan,” kata Arfian kepada Padangkita.com via telepon, Sabtu (27/3/2021).

Dia mengatakan, pengembangan objek wisata di suatu wilayah merupakan tugas dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Namun demikian, dirinya tak ingin menyalahkan pihak manapun terkait insiden meninggalnya tiga mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) di kawasan Pemandian Lubuk Hitam, Cinangkir, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus.

“Mereka hanya mengusulkan, kendala yang kami hadapi saat ini adalah pada anggaran. Untuk pembenahan itu membutuhkan akses jalan, infrastruktur, tentu ini melibatkan instansi terkait, seperti Dinas PU, Camat, TNI, Polri, BPBD dan masyarakat,” ujarnya.

Arfian mengeklaim pihaknya akan melakukan pengusulan pengembangan objek wisata kawasan timur Kota Padang dalam perubahaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

“Kalau bisa sih di tahun 2021 ini, karena ini sudah berulang kali terjadi, tentu ini menjadi pembelajaran juga bagi kami agar hal yang tak diinginkan seperti ini tak lagi terjadi,” imbuhnya.

Sebelumnya, polisi akan melakukan penutupan sementara objek wisata tersebut. Kepala Kepolsian Sektor (Kapolsek) Bungus Teluk Kabung, AKP Zamzami mengatakan mengambil langkah tersebut untuk mengantisipasi kejadian serupa tidak terulang.

Baca juga: 1 dari 3 Mahasiswa UNP yang Hanyut di Lubuk Hitam Bungus Ditemukan Meninggal Dunia

“Bagi masyarakat yang berasal dari luar mereka haru paham bagaimana medan (Lubuk Hitam) ini,” kata Zamzami. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler