Ngeri! Kabupaten Pesisir Selatan Urutan 3 dengan Angka Kriminal Tertinggi di Sumbar 

Penulis: Isran Bastian

Painan, Padangkita.com – Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar mengungkapkan kalau kondisi daerah yang dia pimpin sangat rawan tindakan kriminal. Beber dia, dari 19 kabupaten/kota (daerah) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Pessel berada di urutan ke 3 angka kriminal tertinggi.

“Ini sangat memprihatinkan sekali. Berdasarkan data yang saya lihat dari kepolisian bahwa Pessel merupakan angka kriminal peringkat tiga di Sumatera Barat,” ujar Rusma Yul Anwar saat kunjungan Safari Ramadan ke Masjid Jabal Nur, Gurun Panjang Kapuh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Rabu (6/4/2022).

Di hadapan ratusan jamaah yang hadir dia menjelaskan, untuk kasus kriminal yang dominan yakni penyalahgunaan narkoba dan kekerasan terhadap anak. Dirinya prihatin atas kondisi tersebut, terlebih Pessel merupakan daerah yang memiliki jumlah tempat ibadah nomor 4 terbanyak seperti musala dan masjid. Dari jumlah tersebut tidak seiring dengan peningkatan peribadatan.

“Seharusnya dengan tempat ibadah yang banyak dapat meningkatkan keagamaan dan mampu merubah kualitas keimanan serta karakter ke yang lebih baik,” ungkapnya.

Rusma menambahkan, namun demikian di sisi lain ia sangat mengapresiasi ketika musala itu berubah status menjadi masjid. “Saya mengapresiasi ketika mushala berubah menjadi masjid. Saat diresmikan masjid ini bertepatan di hari besar islam,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Masjid Jabal Nur, Al Amin mengatakan bahwa pada 9 April 2022 besok Masjid tersebut berusia tepat satu tahun. Sebelumnya berstatus musala dan berubah menjadi Masjid yang diresmikan langsung oleh Bupati Rusma Yul Anwar, dimana pada saat itu bertepatan memperingati hari besar islam.

“Saat musala berubah status menjadi masjid ini diresmikan langsung oleh Bupati. Jadi kami dari pengurus kedepannya masjid ini akan diperbesar, mudah-mudahan ada yang memberikan bantuan untuk pembangunan masjid ini sehingga apa yang kami harapkan bisa terwujud,” harapnya.

Baca Juga: Rp400 Miliar APBD Sumbar 2022 Dikucurkan Untuk Pembangunan Pessel

Dalam kunjungan tim safari ramadhan tersebut Bupati Rusma Yul Anwar memberikan bantuan sebesar Rp15 juta rupiah.  Tim Safari Ramadan khusus itu  didampingi Kabag Kesra, Refri, Kabag Prokopim Vorzil, Camat Koto XI Tarusan, Yudi Andry, dan Wali nagari setempat. [amn/isr]

Terpopuler

Add New Playlist