Nama Pulau di Sumbar yang Berasal dari Nama-nama Binatang

Penulis: Sonia

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pulau-pulau sebagian besar tidak berpenghuni dan sebagian sudah ada yang dimanfaatkan untuk wisata.

Padang, Padangkita.com – Salah satu destinasi wisata unggulan di Sumatra Barat (Sumbar) adalah pulau dan pantai. Sejumlah pulau yang sering dikunjungi wisatawan adalah pulau yang terdapat di Kepulauan Mentawai, kawasan Mandeh, Pesisir Selatan (Pessel), dan pulau di Kota Pariaman.

Di Sumbar, setidaknya sejauh ini tercatat sebanyak 186 pulau. Pulau-pulau sebagian besar tidak berpenghuni dan sebagian sudah ada yang dimanfaatkan untuk wisata.

Sebagian pulau sudah diberi nama, mulai dari nama binatang, tumbuhan, ataupun berdasarkan topografi pulau. Nah, kali ini Padangkita.com merangkum nama-nama pulau kecil yang berasal dari nama binatang dikutip dari buku “Direktori Pulau di Provinsi Sumatra Barat”.

Pulau Ula

Nama pulau ini berasal dari nama binatang yaitu ula. Ula merupakan bahasa Minangkabau dari ular. Pulau ini juga disebut dengan Pulau Ular Sikowai. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Kondisi Pulau Ula berbatu, ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan, dan tidak berpenghuni.

Pulau Tumbang

Jika sebelumnya Pulau Ula terdapat di Bungus, di Kepulauan Mentawai ada Pulau Tumbang yang juga berarti ular dalam bahasa Indonesia. Pulau Tumbang merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam administrasi Kecamatan Siberut Utara.

Pulau Harimau

Pulau ini dinamakan Pulau Harimau karena banyak Harimau. Pulau ini terletak di Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat. Pulau Harimau terdiri dari gugusan batu yang ditumbuhi semak dan pohon kelapa.

Pulau Babi dan Pulau Babi Ketek

Kedua pulau ini terletak di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Topografi pulau ini datar serta memiliki pantai dengan pasir putih. Pulau ini ditumbuhi kelapa dan jenis pohon tingkat tinggi lainnya dan tidak didiami penduduk.

Pulau Cingkuak

Nama pulau Cingkuak berasal dari kata cingkuak atau kera yang terletak di Pantai Carocok Painan, Pessel. Namun ada juga yang menyebut, awal mulanya nama pulau itu adalah Cheng Ho—nama pengembara asal China yang singgah di pulau itu pada masa lalu. Lama-lama, disebut sebagai Pulau Cingkuak yang artinya adalah hewan sejenis kera. Topografi pulau ini berupa perbukitan batu, ditumbuhi pohon, dan semak. Sekarang pulau ini menjadi salah satu objek wisata.

Pulau Nyamuk

Pulau Nyamuk terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Topografi pulau ini datar dengan pantai berpasir putih yang cukup luas. Walaupun pulau ini tidak berpenduduk, namun ditemukan beberapa rumah singgah nelayan dan juga terdapa mercusuar.

Pulau Ibanlaut

Nama pulau ini berasal dari nama binatang yaitu Ibanlaut atau penyu dalam bahasa Indonesia. Topografi pulau ini yaitu daratan seperti karang menjulang dan memiliki pantai bertebing dan terjal. Oleh karena topografinya, hanya sedikit vegetasi yang tumbuh di pulau ini. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler